Event Update

Lagi, Pembahasan Swasembada Kedelai

Masalah kedelai yang masih menghantui sektor pertanian di Indonesia kembali dibahas. Kali ini, talk show  yang diadakan oleh BEM A, Faperta dalam acara Semarak Pertanian pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 lalu dimoderatori oleh Ika Indra S.P, dosen AgriBisnis IPB, dan pemateri Fadel Muhammad, Ketua MAI (Masyarakat Agribisnis Indonesia) serta Ir. H. Herman Khaerun, wakil ketua DPR RI komisi IV.
Talkshow yang sangat menarik ini, dihadiri oleh mahasiswa IPB dari berbagai jurusan, pegawai negeri di bidang pertanian, serta para siswa dari SMP dan SMA yang ada di Indonesia. Rentetan masalah pertanian diajukan kepada pemateri secara kritis. Dalam salah satu pertanyaan, tampak jawaban yang sedikit kontras antara kedua pemateri mengenai baik tidaknya importir kedelai dari luar. Fadel mengutarakan, bahwa setidaknya harga kedelai dinaikkan demi menyejahterakan kehidupan para petani kedelai. Sedangkan menurut Herman, bila harga dinaikkan maka tentu konsumen akan merasa dirugikan. Hal ini sedikit membuat para peserta bingung. Namun moderator mampu mengonklusi bahwa yang perlu diperbaiki dari swasembada kedelai ini yaitu; Pasar produk luar negeri yang diatur,Tata kelola tidak baik /Tidak ada perencanaan pangan, dan adanya goodwill antara pemerintah dan petani.
Acara talkshow selanjutnya diisi oleh bapak Prof. Munif Ghulammahdi, penemu teknik budidaya kedelai dan pemateri dari P.T. Monsanto. Penemuan ini, dilakukan bapak Munif dalam kurun waktu yang cukup lama di berbagai daerah bersama beberapa mahasiswanya dari program sarjana maupun pascasarjana. Dalam event ini, juga diadakan expo dari berbagai usaha pertanian dan peragaan dari sekolah-sekolah yang mengikuti lomba karya ilmiah.Acara ini diharapkan mampu membantu penyelesaian masalah kedelai khusunya, dan masalah pertanian di Indonesia umumnya.
Siti Kurnia A – Reporter Magang

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*