Event Update

Perhelatan Pimnas ke-29 Resmi Dibuka

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX (Pimnas ke-29) di Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi dibuka tadi malam, Senin (8/8) di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB Darmaga Bogor. Pembukaan Pimnas ke-29 ini dipimpin langsung oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan  Tinggi (Menristekdikti) RI, Prof. Dr. Mohamad Nasir yang ditandai dengan penekanan tombol sirine. Selain itu turut hadir para tamu undangan, pimpinan perguruan tinggi, dosen pendamping, juga peserta Pimnas dari berbagai Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Menteri mendukung penuh acara ini dan akan mendampingi inovasi-inovasi mahasiswa yang sampai pada industri. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB sekaligus Ketua Panitia Pimnas ke-29, Prof.Dr. Yonny Koesmaryono mengatakan kompetisi nasional bergengsi ini diikuti oleh 460 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berasal dari 145 perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Sambutan Menteri Ristekdikti dalam acara pembukaan Pimnas ke-29

Sambutan Menteri Ristekdikti dalam acara pembukaan Pimnas ke-29

Pimnas ke-29 mengambil tema “Dengan Semangat Kebersamaan dan Persatuan, Mahasiswa Indonesia Menciptakan Karya Kreatif dan Inovatif untuk Kejayaan Bangsa”, Rektor IPB, Prof.Dr. Herry Suhardiyanto mengatakan akan mengupayakan agar Pimnas ke-29 ini tidak hanya sekadar menjadi ajang kompetisi antar mahasiswa dan antar perguruan tinggi, namun juga menjadi ajang kebersamaan, memupuk persatuan, ajang tukar pikiran, dan ajang berbagi ilmu, baik antar mahasiswa maupun antar dosen pendamping.

Pembukaan Pimnas ke-29 di Institut Pertanian Bogor

“Mudah-mudahan Pimnas ke-29 menghasilkan berbagai karya mahasiswa yang kreatif, inovatif dan solutif bagi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat dan bangsa kita. Saya berharap Pimnas ke-29 akan menjadi tonggak sejarah penyempurnaan sistem penyelenggaraan PKM dan Pimnas untuk mewujudkan PKM dan Pimnas yang lebih baik,” kata Rektor IPB, Prof. Dr.  Herry Suhardiyanto.

Pada upacara pembukaan ini juga dilakukan penyerahan piala Adhikarta Kertawidya dari pihak Juara Umum Pimnas ke-28 yaitu Universitas Brawijaya (UB) yang diwakili Rektor UB, kemudian diserahkan kepada pihak penyelenggara yang diterima oleh Prof. Yonny selaku Ketua Panitia Pimnas ke-29. Dengan diterimanya piala oleh panitia, pertarungan inovasi ini pun siap digelar selama empat hari ke depan (8-11/8).

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXIX (Pimnas ke-29) merupakan muara dari ekspresi kreativitas para ilmuwan dan entrepreneur muda yang berasal dari kampus-kampus di Indonesia. Pimnas juga sebagai ajang forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi serta sarana silaturahmi antar mahasiswa di Indonesia melalui penyajian karsa, cipta, teknologi, penelitian dan karya dari Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Pembukaan Pimnas ke-29
Pembukaan Pimnas ke-29

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB selaku Ketua Panitia Pimnas ke-29, Prof.Dr. Yonny Koesmaryono mengatakan peserta Pimnas akan dibagi ke dalam 22 kelas presentasi yang meliputi 6 kelas PKM Penelitian Eksakta, 2 kelas PKM Penelitian Sosial humaniora, 4 kelas PKM Kewirausahaan, 4 kelas PKM Pengabdian kepada Masyarakat, 4 kelas PKM Karsa Cipta, 1 kelas PKM Penerapan Teknologi dan 1 kelas PKM Gagasan Tertulis.

Selain presentasi dan pameran poster-produk PKM, Pimnas tahun ini juga akan dilengkapi dengan kegiatan Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan, Sarasehan Pimpinan Organisasi Kemahasiswaan, Studium General, Pimnas Investment Summit, Social Gathering, Aksi Peduli Lingkungan, SMA Goes to PIMNAS, olahraga bersama, bazaar dan City Tour.

“Pimnas ke-29 diharapkan dapat memberi warna penyelenggaraan Pimnas yang tidak hanya bernuansa kompetisi yang adil, namun juga menekankan kepada persatuan dan kebersamaan” ujar Prof. Yonny Koesmaryono. (IM)

Kontributor: Tim HPD Pimnas 29
Disunting oleh : Redaksi Koran Kampus IPB

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*