Event Update

IPB Targetkan 1500 Proposal PKM, Mampukah?

Program Kreativitas Mahasiswa atau biasa di singkat PKM merupakan salah satu ajang bagi mahasiswa untuk merealisasikan berbagai ide inovatif dan briliannya yang terbagi kedalam tujuh bidang diantaranya:

  1. PKM-K (Kewirausahaan)
  2. PKM-KC (Karsa Cipta)
  3. PKM-P (Penelitian)
  4. PKM T (Teknologi)
  5. PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat)
  6. PKM-GT (Gagasan Tertulis)
  7. PKM-AI (Artikel Ilmiah)

            Dan sudah bukan wacana lagi jika perhelatan PIMNAS 2016 (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) yaitu acara puncak bagi PKM berkualitas yang telah lolos didanai dan lolos ditingkat nasional akan dilaksanakan di kampus kita IPB.

            Untuk tahun ini IPB menargetkan proposal PKM yang diusulkan ke DIKTI sebanyak 1500 proposal. Target sebanyak itu akan memperbesar peluang banyaknya proposal yang melangkah ke PIMNAS. Namun realitanya hingga hari ini hanya 58 proposal yang telah diunggah. Sedangkan batas maksimal unggah proposal yang ditetapkan adalah tanggal 30 Oktober 2015 kecuali PKM-GT dan PKM-AI. Seperti mendapat PR yang sangat besar untuk mencapai target tersebut pihak kampus terus mendorong mahasiswa untuk membuat proposal PKM dengan berbagai cara. Mulai dari mengerahkan seluruh jajaran BEM yang diwujudkan dengan membuat draft proposal dalam tugas MPF dan MPD. Lalu, dosen yang terus mengajak para mahasiswanya hingga menwarkan ide ataupun judul untuk dikembangkan. Dan sosialisasi khusus dengan mengundang ketua OMDA. Bahkan setiap departemen telah ditargetkan minimal untuk menyumbangkan 50 proposal PKM.

            Keseriusan IPB dalam program PKM ini akan terwujud dan menghasilkan prestasi yang membanggakan jika mahasiswa turut andil dan mengambil kesempatan untuk menuliskan gagasannya dalam program tersebut. dan berharap piala Adhikarta Kertawidya dapat direbut oleh tuan rumah pada tahun ini. 

Diah Ayu Restanti

Editor : Muhamad Qomarul Huda

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*