Event Update

MAGNO Menjadi Solusi Geabox Tanpa Menimbulkan Gesekan

 

Sebagai salah satu komponen utama mesin, gearbox berfungsi menyalurkan tenaga dari satu sistem ke sistem lainnya. Namun gear yang masih digunakan menimbulkan gesekan panas yang jika dibiarkan dalam waktu lama akan mengikis material gearbox sehingga nantinya akan berdampak pada usia penggunaan transmisi . Untuk mengatasi hal tersebut biasanya komponen akan diolesi pelumas. Namun di sisi lain, limbah pelumas berdampak negatif terhadap lingkungan.

1500085025023

Gearbox MAGNO (Foto oleh : Tim PKM-KC MAGNO) 

Sekelompok mahasiswa dari departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor berinovasi menerapkan aplikasi magnetic force pada gearbox. Kelompok yang disponsori KemristekDikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta (PKM-KC) ini terdiri dari Farras Aryo Bramasta, Aqil Abiyanto, Maulana Syafiq K, Siaga Yudha Pratama, dan M Nyak Reza Mahboob. Kelimanya menciptakan teknologi gearbox untuk mentransmisikan daya pada kincir angin dengan tujuan menghasilkan tenaga listrik dari gerakan rotasi pada poros. Kincir angin dipilih karena ringan sehingga mudah untuk mengatur daya yang akan ditransmisikan.

 

Inovasi ini disebut “MAGNO” adalah sistem transmisi yang memanfaatkan gaya tarik menarik dan tolak menolak magnet (gaya magnetis) untuk mentransmisikan daya seperti halnya gearbox konvensional, hanya saja tidak menghasilkan gesekan. Magnet yang digunakan untuk Magno adalah magnet Neodymium grade 52, yang saat ini merupakan magnet paling kuat diantara magnet yang tersedia dipasaran. Batang magnet Nd52 disusun sejajar menjadi cakram. Terdapat dua sumbu cakram pada alat ini, diantaranya poros input, dan poros output. Masing-masing berikatan satu sama lain sebagai media transmisi daya.

 

Menurut Aryo selaku ketua tim, Aplikasi Magno sama dengan aplikasi gearbox pada umumnya, yaitu bisa dipasang dimana saja dan tentu saja memiliki keunggulan karena Magno tidak menimbulkan gesekan yang dapat merusak material gearbox, tanpa perlu menggunakan pelumas, ramah lingkungan, serta tidak memerlukan perawatan. Target luaran PKM yang digagas adalah menciptakan prototype alat untuk mentransmisikan daya dengan baik tanpa terjadi gesekan dengan memanfaatkan gaya magnet, juga membuka wawasan masyarakat dengan mengenalkan metode baru dalam sistem transmisi.

 

Ed : Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*