Event Update

APTB, Alternatif Angkutan Baru Menuju Jakarta

Warga Bogor kini dapat menikmati alternatif transportasi baru menuju Jakarta. Angkutan Bus APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) resmi diluncurkan Pemda DKI dan telah beroperasi sejak Kamis (7/3) lalu. Bus yang masih dalam tahap percobaan ini terintegrasi dengan jalur bus Transjakarta dengan rute Terminal Bubulak-Tol Jagorawi-Cawang-Jalan Pemuda-Terminal Rawamangun.


Tak jauh beda dengan bus Transjakarta, bus ini dilengkapi 15 bangku yang menghadap ke depan,, 12 bangku samping dan 5 bangku belakang. Hanya dengan harga karcis Rp 12.000,- penumpang akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas mewah seperti AC dan LCD TV. 

Jadwal keberangkatan bus dari Terminal Bubulak dibagi menjadi Kloter pagi dan siang. Kloter pagi berangkat pukul 04.30 dan berangkat setiap 10 menit berikutnya. Kloter siang berangkat pukul 10.30 dan berangkat setiap 90 menit. Rute yang diambil mewati Tol Jagorawi dan transit di Shelter Busway UKI, berlanjut mengikuti rute busway yang telah ada hingga ke Rawamangun.

Firman, salah seorang petugas bus APTB mengaku kurangnya sosialisasi mengenai transportasi baru ini menyebabkan minimnya animo masyarakat terhadap jasa bus baru ini. “Paling banyak sih ya sekitar sembilan belas orang.” ujarnya saat ditemui kru Koran Kampus.

Penumpang yang telah mencoba bus ini mengaku senang karena bisa jadi alternatif angkutan selain kereta. “Hanya perlu sekali naik. Biaya yang dikeluarkan juga jadi lebih murah.” ujar Nani salah seorang penumpang APTB. “Udah gitu nggak perlu lagi berdesak-desakan, nggak kayak naik kereta ekonomi. Bagus dan nyaman.” lanjutnya. 

Bila proyek percobaan ini berhasil, rencananya akan ditambah sekitar 5 unit lagi dengan jurusan Bogor-Rawamangun. 


Rezky Eka & Ahmad Hafizh (Magang)


About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*