Berani Ambil Tantangan, Pemilik Captain Kerang Dinobatkan Sebagai Mahasiswa Terwirausaha

Ridho (Kiri) dan Rizkian (Kanan)
Sumber: Ridho Firdaus

Muhammad Ridho Firdaus, mahasiswa Ilmu Ekonomi angkatan 53 Institut Pertanian Bogor ini dinobatkan sebagai Mahasiswa Terwirausaha pada malam Pekan Apresiasi (9/11).

Meski usianya baru menginjak 21 tahun, ia telah berhasil menjadi pengusaha muda yang cukup sukses.

Bidang usaha yang digeluti Ridho ialah bidang kuliner. Ia membuka franchise sebuah restoran kerang yang bernama Captain Kerang dan bertempat di daerah Dramaga.

Mahasiswa yang biasa dipanggil Ridho ini menuturkan bahwa Ia mengawali bisnisnya pada 21 September 2018 lalu bersama teman satu departemennya, Rizkian Putra Darsuandi (21).

Disinggung perihal awal ketertarikannya memilih bisnis di usia muda, Ridho pun menjawab bahwa memang keinginan dalam dirinya sendiri untuk dapat menghasilkan uang.

“Ingin menghasilkan uang, karena dulu waktu semester tiga broken home. Dari situ merasa harus bisa usaha sendiri dan mandiri,”ungkap pemuda asal Banten ini.

Memilih jalan menjadi pebisnis di usia muda bukan tanpa pertimbangan. Ridho harus merelakan diri untuk tidak mengikuti unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan himpunan profesi (himpro).

Pengorbanan yang Ia lakukan tidak sia-sia, kini usaha yang ia rintis berhasil meraih omzet mencapai 100 sampai 120 juta rupiah per bulan.

Dia menambahkan, meski sibuk menjalani kewajiban sebagai mahasiswa, Ridho tidak melewatkan peluang bisnis di depan matanya.

“Awalnya melihat peluang bisnis kerang kiloan, lalu akhirnya memutuskan untuk berhenti mengikuti organisasi mahasiswa (ormawa) dan mulai berbisnis. Biar aman membagi waktunya,” kata Ridho.

 

Editor: Karina Rahmi

Putri Arum Puspitasari

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.