Event Update

[Korea Fever] The Shining Star – Kim Woo Bin

(sumber: http://kimwoobinusa.com/)

(sumber: http://kimwoobinusa.com/)

  • Nama: Kim Woo-Bin
  • Hangul: 김우빈
  • Nama Lahir: Kim Hyun-Joong (김현중)
  • Tanggal Lahir: July 16, 1989
  • Tempat Kelahiran: South Korea
  • Tinggi: 188cm.
  • Golongan Darah: B
    (Asian Wiki)

Bagi penggemar drama korea, pasti mengenal sosok pria tampan satu ini. Sebut saja Kim Woo Bin. Pria yang sudah memikat banyak hati perempuan lewat aktingnya ini mengawali kariernya sebagai model pada tahun 2009 dibawah nama Kim Hyun-Joong. Di tahun berikutnya, ia mendapat tawaran sebagai model iklan di televisi, yang membuat dirinya harus bisa berakting dasar. Sejak saat itulah ia belajar akting dibawah ajaran aktor seniornya Moon Won Joo, yang ternyata membuatnya jatuh cinta lebih terhadap dunia seni peran ini. Akhirnya di tahun 2011, ia mencoba terjun ke dunia akting dengan nama debut yang kita kenal saat ini.

Kecintaan Kim Woo Bin terhadap akting ini ternyata tidak main-main. Sebut saja White Christmas (2011), Cupid Factory (2011), Vampire Idol (2011), A Gentlemen’s Dignity (2012), To the beautiful you (2012), School 2013 (2012), The Heirs (2013), rentetan k-drama yang pernah ia mainkan ini ia babat habis dalam kurun waktu tiga tahun saja. Namanya kian melejit di awal tahun 2013 saat ia berperan sebagai siswa SMA yang kerap dipindah-sekolahkan karena bermasalah dalam drama serial School 2013. Bersama dengan lawan mainnya, Lee Jong Suk menghadirkan kisah persahabatan yang setia, menyenangkan,  mengharukan, sekaligus penuh lika-liku. Terlebih lagi saat Kim Woo Bin berperan sebagai Choi Young Do dalam drama serial The Heirs. Peran yang dimainkannya saat itu adalah sebagai ahli waris tunggal hotel Zeus milik ayahnya, sekaligus siswa SMA yang cukup berpengaruh dan ditakuti di sekolahnya, namun ternyata luluh hanya karena satu wanita yang disukainya. Berbeda dengan School 2013 yang lebih mengangkat kisah persahabatan, drama ini mengangkat sisi percintaan masa SMA yang romantis dengan konflik yang cukup rumit. Drama ini membawanya pada penghargaan Top ten stars Award pada SBS Drama Awards 2013 (13/12/13).

Pada tahun yang sama pula, Kim Woo Bin turut melebarkan sayapnya di film layar lebar. Diawali dengan Friend: The Great Legacy 2 di akhir tahun 2013, hingga film yang baru saja dirilis pada 24 Desember 2014 lalu, The Technicians (Criminal Designer). Di film terbarunya, ia berperan sebagai Jihyeok, seorang perampok elit dan safe-cracker yang tengah menyusun strategi untuk merampok uang dalam waktu 40 menit saja di Bea Cukai Incheon, bersama dua rekan utamanya, Jong bae (Lee Hyunwoo) dan Goo-In (Go Changsuk). Baik Friend: The great legacy 2 maupun The Technicians, keduanya bergenre action. Hal itu semakin memperkuat image Kim Woo Bin sebagai pria yang kuat dan maskulin. Namun pria ini mengaku bahwa kepribadian aslinya tidak seperti itu. Dalam interview nya (11/02/2014), ia mengatakan bahwa ia tidak memperlihatkan sisi seriusnya kepada orang-orang terdekatnya. Ia suka bercanda dan menunjukkan sisi humorisnya.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Lee Min Ho, lawan mainnya dalam drama serial The Heirs, dalam interview drama yang sama (13/04/14) oleh KNTV. Saat ditanya mengenai siapa pemain yang paling berbeda karakternya dengan kesan pertama yang ditunjukkannya, dengan sigap ia menunjuk Kim Woo Bin. Kemudian Park Shin Hye, lawan mainnya di drama yang sama, menambahkan, “ia pria yang jujur, berkharisma, namun juga seringkali melakukan hal-hal bodoh meskipun dari tampilannya ia terlihat dingin”.

Namanya pun disebut-sebut dalam MBCshow: Sunday Section yang ditayangkan di channel MBC (20/07/14). Mengacu pada pertanyaan, ‘siapakah aktor yang benar-benar memiliki sikap berbeda dengan apa yang terlihat’, panelis tidak menjawab secara pasti, namun sempat menyebutkan nama Kim Woo Bin sebagai aktor yang sopan dan berperilaku baik dibalik peran ‘berandalan’ yang selalu dimainkannya. Bahkan, komedian Kim Gura, dalam show tersebut mengapresiasi Kim Woo Bin akibat perilaku sopannya itu, dengan menunjukkan bukti perbincangannya dengan Kim Woo Bin via sms. Sisi lain yang berbeda dari Kim Woo Bin juga dapat kita saksikan sendiri di beberapa reality show yang pernah ia hadiri, seperti Running Man Man (episode 138, 166, 188, 189, 191, dan 225), Hello Conselor, Style Log: PLAY BOYZ,dan Mnet Starcam.

Keramahan dan perilaku baik Kim Woo Bin sebagai bintang populer ini menjadi daya tarik ribuan fansnya baik dari lokal maupun mancanegara. Wooribin, sebutan bagi fans Kim Woo Bin, tersebar di beberapa negara seperti di Korea, USA, Malaysia, Filipina, serta negara-negara lainnya. Di Indonesia sendiri, Kim Woo Bin memiliki official fansite di media sosial seperti twitter maupun tumblr. Sebut saja akun twitter (@KimWooBinIndo) dengan followers sebanyak 2.36K serta situs blog (kimwoobin-indo.tumblr.com) yang terus memberikan update terbaru mengenai pria pecinta dinosaurus ini. Tahun 2014 dan 2015 ini adalah tahunnya untuk mengadakan fanmeeting ke negara-negara Asia. Popularitasnya yang tidak ada habis-habisnya inilah yang membawa Kim Woo Bin mendapat penghargaan Popularity Star Award dalam event 35th Blue Dragon Film Awards 2014 (17/12/14) lalu.

Tidak hanya bergelut di dunia akting, tawaran untuk iklan (CF) pun turut membanjiri pria bersuara berat yang khas ini, baik di Korea maupun di negara Asia lainnya seperti di China dan Vietnam. Iklan Kim Woo Bin yang terhitung dalam kurun waktu tahun 2010 hingga 2014 memiliki jumlah yang tidak sedikit, yakni 23 CF. Di tahun 2013-2014, ia bahkan mencoba menunjukkan kebolehannya sebagai host dalam salah satu acara musik terkenal, M Countdown yang ditayangkan di channel Mnet.

Nama Kim Woo Bin begitu bersinar di tahun 2013 dan 2014. Bagaimanakah dengan tahun ini? Sedikit bocoran, bahwa tahun ini Kim Woo Bin dinobatkan sebagai Calvin and Klein Asia-Pacific Model. Wajah tampannya juga masih dapat kita lihat saksikan di dalam film layar lebar berjudul Twenty, bersama dengan dua aktor tampan lainnya, Lee Joon Ho dan Kang Ha Neul. Film yang akan rilis pada bulan Juli 2015 ini mengisahkan tentang kehidupan percintaan tiga pria sebaya di umur 20 tahunnya. Sebagai berita terhangatnya, dalam waktu dekat ini Kim Woo Bin akan menyapa para fansnya di Indonesia. Acara yang dipromotori oleh Enstar Entertainment ini akan digelar di Hall Kota Kasablanka, Jakarta pada 14 Maret 2015 bertajuk “White Day with Kim Woo Bin”. Update selanjutnya mengenai fanmeeting Kim Woo Bin dapat kita simak melalui akun resmi twitter-nya (@enstarent).


Jadi, apakah Kim Woo Bin  akan tetap menjadi the shining star  tahun ini? Kita saksikan saja!

 

Firmanda Yusaputri

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*