Event Update

Minuman Sehat Minuman Susu

Susu, produk minuman dari hewan mamalia dengan nilai gizi lengkap, antara lain air, karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Berdasakan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya, produk susu dapat dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu susu murni, susu kurang lemak, susu rendah lemak, dan susu skim. Susu murni mengandung 3% lemak dan 8% padatan bukan lemak (protein, karbohidrat, vitamin dan mineral). Sedangkan susu kurang lemak banyak dipilih orang-orang yang ingin mengurangi konsumsi lemak di dalam susu. Sesuai dengan namanya, kadar lemak pada susu ini telah dikurangi hingga tersisa 2 %. Untuk konsumen yang menginginkan konsumsi lemak lebih sedikit lagi, diciptakanlah susu rendah lemak. Kadar lemak pada susu ini telah dikurangi hingga tersisa 1%. Pada susu skim, kadar lemaknya dikurangi hingga hampir tidak ada sama sekali (0,1%).

Ambing sapi yang diperah akan mengeluarkan susu. Susu inilah yang disebut dengan susu segar karena belum melalui proses pengolahan berupa pemanasan. Susu segar sangat mudah rusak dan berumur simpan rendah. Apabila susu segar dipanaskan pada suhu 72°C selama 15 detik, maka susu ini disebut dengan susu pasteurisasi. Semua bakteri penyebab penyakit hancur pada proses ini.

gambar : manfaat.co.id

sumber gambar : manfaat.co.id

Susu pasteurisasi yang akan dijadikan susu kental manis  harus dipanaskan kembali sampai kadar airnya berkurang hingga setengahnya dan diberi penambahan gula. Biasanya susu kental manis ditempatkan dalam kaleng. Sebagai konsumen, sebaiknya perhatikan keadaan kaleng dan batas kadarluarsanya sewaktu membeli. Sebagai catatan penting, susu kental manis bukan untuk bayi.

Selain dapat dijadikan sebagai susu kental manis, susu pasteurisasi dapat dijadikan sebagai susu UHT dengan cara dipanaskan hingga 140°C hanya dalam waktu 2 detik. Waktu pemanasan yang singkat dimaksudkan untuk mencegah kerusakan nilai gizi susu serta untuk mendapatkan warna, aroma, dan rasa yang relatif tidak berubah seperti aslinya. Susu UHT ini dapat disimpan selama 6 minggu.

Tipe susu yang berikutnya adalah susu bubuk, yaitu susu pasteurisasi yang kemudian dikeringkan, umumnya menggunakan spray dryer. Susu bubuk mempunyai umur simpan lebih lama daripada susu cair dan tidak perlu disimpan di lemari es. Terdapat tiga tipe dari susu bubuk yaitu susu formula, susu skim ,dan susu full cream.

Susu formula merupakan susu khusus untuk bayi  dengan formula yang disesuaikan dengan ASI dan ditambah dengan beberapa vitamin, mineral, dan zat besi. Meskipun demikian, ASI tetap tidak dapat ditandingi oleh susu buatan manapun. Apabila terpaksa memberikan susu formula pada bayi, sebaiknya  berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan jangan lupa memperhatikan aturan pakai serta kebersihan peralatannya.

Susu skim mengandung lemak yang sangat sedikit tetapi tinggi pada kadar proteinnya. Susu ini cocok untuk orang yang diet rendah kalori dan binaragawan untuk menambah massa otot.

Susu full cream berkadar lemak tinggi ± 26 %. Susu ini baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhannya. Konsumsilah susu dengan seimbang untuk meningkatkan kualitas gizi yang baik.

Kontributor : Fina Rizki Aisyah / F24130072 / ITP / IPB

Editor :

Muhamad Qomarul Huda / A44130050 / ARL / IPB

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*