Event Update

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan sebagai Destinasi Pecinta Alam

Sumber: Afifah K.

Sumber: Afifah K.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di dua desa yaitu Desa Karamat Wangi dan Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa barat. Asal-usul penamaan Gunung Papandayan bermula dari sekelompok masyarakat yang melintasi Gunung Papandayan dan mendengar suara gaib seperti besi dipukul. Setelah ditelusuri, suara gaib tersebut adalah suara yang keluar dari dalam kawah Gunung Papandayan. Karena suara yang keluar dari dalam kawah terdengar seperti pandai besi yang sedang membuat suatu perkakas, maka dinamailah gunung tersebut dengan nama Gunung Papandayan yang berasal dari kata “panday” yang berarti orang yang bekerja sebagai pandai besi.

Taman Wisata Alam Gunung Papandayan memiliki pesona tersendiri. Terdapat kawah yang menjadi salah satu objek utama di Gunung Papandayan. Kawah Papandayan merupakan sisa dari letusan Gunung Papandayan pada tahun 2002. Kawah tersebut mengalirkan air panas dengan aroma belerang yang cukup kuat dengan kabut tipis yang mengingatkan kita dengan Kawah Putih.
Selain kawah, Hutan Mati atau Dead Forest merupakan salah satu objek yang juga diminati wisatawan. Di hutan ini, terdapat pohon-pohon mati yang terbakar karena letusan gunung berapi yang akan menghadirkan pemandangan yang menarik.

Daya tarik lain yang dapat kita jumpai dan tak kalah menarik di papandayan adalah Padang Bunga Edelweis, salah satu bunga yang terkenal keabadiannya. Dengan beberapa pesona yang dihadirkan papandayan, maka tak heran jika Papandayan merupakan salah satu Taman Wisata yang banyak diminati para wisatawan.

Afifah K.
Ed: Karina Rahmi M.


www.pesonagarut.com

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*