Resensi Film “Rentang Kisah”

“Rentang Kisah” merupakan sebuah film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Gita Savitri dan sudah dapat disaksikan di Disney+ Hotstar (11/9). Film ini menceritakan berbagai pengalaman Gita selama tinggal di Jerman. Gita merupakan seorang mahasiswi jurusan Kimia Murni di Universitas Berlin, Jerman. Sejak tahun 2010, Gita menetap di Jerman untuk menempuh pendidikan S1 dan hingga kini ia masih nyaman berada disana.

Tak jauh beda dengan kisah anak Indonesia yang kuliah di luar negeri lainnya, film ini memperlihatkan perjuangan mahasiswa dan mahasiswi Indonesia dalam beradaptasi dengan lingkungan baru yang berbeda dari negaranya sendiri. Berbagai masalah datang dan harus dihadapi, seperti jika kiriman uang dari orang tua yang terlambat datang dan perasaan sedih karena menahan rindu untuk bertemu keluarga dan orang-orang terdekat.

Film arahan Danial Rifki ini dibintangi oleh Beby Tsabina sebagai Gita, dan Bio One sebagai Paul. Ada juga pemain lain yang tak kalah menarik, yakni Cut Mini dan Donny Damara yang berperan sebagai Ibu dan Ayah Gita. Gita tinggal dalam keluarga yang bahagia bersama ayah, ibu dan adiknya, Rizka (Jihan Fairuz). Pukulan ekonomi memaksa sang ayah mengadu nasib ke Amerika Serikat. Lulus dari SMA, Gita kuliah di Jerman. Di sana, ia mengenal Putra (Ali Asegaf), Afif (Debo Andryos), Rigen (Angling), Sakti (Putera Wicak), dan Paul (Bio One) yang menjajal peruntungan sebagai pembuat konten YouTube. Kehadiran mereka membuat hidup Gita yang sepi dan kelabu kembali cerah. Gita sendiri berjuang melawan patah hati akibat diselingkuhi pacar, Robi (Junior Roberts) yang mengaku tak mampu menjalin hubungan jarak jauh. Gelagat perselingkuhan sudah terasa sejak Robi memblok akun Instagram Gita. Nyaris bunuh diri di dapur dan putus asa karena kesusahan mencerna mata kuliah, kehadiran Paul yang tengah mencari Tuhan memberi perspektif unik dalam hidup Gita.

Dalam “Rentang Kisah“, banyak pesan dan pelajaran yang dapat diambil sebagai penonton, mulai dari semua proses sulit yang mengubah kehidupan Gita dan menjadikannya lebih mengenal dirinya sendiri, mengenal agamanya, dan memahami untuk apa ia dilahirkan dan apa yang harus ia lakukan di dunia. Hidup tak akan selalu di atas dan tak akan selalu di bawah dan bagi Gita hidup bukan tentang dirinya, dirinya dan dirinya. Tetapi juga tentang orang tua, orang lain, dan hal yang paling penting adalah mensyukuri apa yang telah Allah berikan.

“Rentang Kisah” menjadi cerita yang sangat kompleks permasalahannya. Banyak tema dan tampak enggan menitikberatkan ke salah satu topik. Gita yang galau tentang masa depan, gaya busana, dan kegagalan menjalin hubungan dibawakan Beby dengan sangat natural serta konflik membuat hidupnya bergelombang namun emosi tak harus meledak-ledak.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, film “Rentang Kisah “ ini mampu menjadi film keluarga penghangat hati yang natural, sederhana dan menyentuh. Film ini juga dapat menjadi penyemangat bagi anak-anak muda yang tengah menempuh pendidikan, apalagi yang mulai stres dengan pembelajaran daring. Walaupun tidak jadi tayang di bioskop mengingat pandemi COVID-19 belum berakhir, film bisa disaksikan di platform digital Disney+ Hotstar sejak September 2020 lalu.

Editor : Puput Lestari

Arifah Aini

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.