Event Update

COMET, Permainan Adaptasi dan Mitigasi Bencana

Gagasan baru mengenai media pembelajaran anak muncul dari mahasiswa FATETA IPB angkatan 52, Ilham Maulidin. Eco-Meteorology (COMET), merupakan media pembelajaran alternatif anak usia dini tentang konten pengajaran mengenai adaptasi dan mitigasi bencana alam. Gagasan ini telah menjadi juara 1 dalam lomba essay nasional oleh Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

(Foto : dokumen pribadi ilham)

Ilham menghadiri Rakernas KLHK 2017 (Foto : dokumen pribadi ilham)

COMET dirancang seperti permainan ular tangga yang di cetak besar, sehingga anak-anak dapat bermain di dalamnya. dalam permainan tersebut terdapat 3 hal yaitu : pengetahuan, aksi I dan aksi II.
“Media pembelajaran pada umumnya masih dirasa belum efektif dalam menyampaikan pengetahuan pada anak-anak, sehingga dengan COMET diharapkan ilmu yang diberikan pada anak-anak dapat melekat,” ujar Ilham.

Comet masih berupa gagasan, pengembangan COMET lebih lanjut akan selalu dilakukan updating media permainan,sehingga pengetahuan dapat bertambah. Ilham berharap bahwa COMET dapat membawa perubahan positif tentang sikap dan pengetahuan anak-anak mengenai mitigasi bencana.

“Semoga dapat menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk bersama-sama menjaga kelestarian bumi, semoga pula COMET dapat terus di aplikasikan di daerah rawan bencana, ” tutup Ilham.

 

karina rahmi maulidya
Ed : Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*