Event Update

Falcon Haley, Digadang Jadi Roket Terkuat yang Diluncurkan

Sumber : kumparan.com

Sumber : kumparan.com

Space X, perusahaan transportasi luar angkasa milik pengusaha Elon Musk meluncurkan roket yang digadang-gadang menjadi yang terkuat, Falcon Haley. Falcon haley merupakan gabungan dari tiga roket falcon 9 dan telah diluncurkan pada pukul 15.45 waktu setempat di Kennedy Space Center, Florida, Amerika. Falcon haley mempunyai tinggi 70 meter dan kapasitas muatan 64 ton.

Salah satu yang menarik perhatian dalam peluncurannya, roket ini membawa serta 1 mobil Tesla milik Elon Musk yang ditumpangi boneka manekin bernama Starman dan diiringi dengan lagu Space Oddity milik David Bowie dalam perjalanannya menuju orbit terdekat planet mars.

Tujuan utama peluncuran Falcon Heavy adalah mempermudah perjalanan kebulan dan planet mars di masa mendatang.  Tidak menutup kemungkinan Falcon Heavy juga dapat membawa peralatan potensial ke luar angkasa. Jika peluncuran ini berhasil, maka falcon heavy akan menjadi roket terkuat di dunia dengan kapasitas angkat lebih besar dari kendaraan luar angkasa AS sejak era roket saturnus NASA yang membawa astronot ke bulan 45 tahun lalu.

Falcon, Starman dan Tesla kini melakukan perjalanan bahaya dengan kecepatan hampir 4000 km/jam menuju orbit Mars setelah melakukan manuver melewati medan magnet bumi yang disebut Sabuk Van Allen. Manuver ini sengaja dilakukan untuk menguji ketahanan rokey Falcon Heavy.

 

Karina Rahmi Maulidya
Sumber : kumparan.com

Ed: Efi S

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*