Event Update

Es Krim Unik dalam Batok untuk Menu Berbuka Puasa

Es basian yang segar untuk menu berbuka puasa. (Foto: Nita Febriani)

Es basian yang segar untuk menu berbuka puasa.
(Foto: Nita Febriani)

Berawal dari kegemaran di bidang kuliner, mahasiswa tingkat akhir Universitas Pakuan dan Universitas Kristen Indonesia punya ide usaha dessert yang unik. Tiara, Adinda, Halimah, Irna, dan Indra mengadaptasi dessert khas Thailand dan memodifikasinya dengan es krim homemade yang menjadi ciri khas mereka. Basian, singkatan dari batok isian. Diberi nama seperti itu karena es krim ini menggunakan batok kelapa sebagai wadahnya.

“Yang kami utamakan adalah es krim buatan kami sendiri. Kami ingin orang-orang datang berkali-kali untuk menikmatinya. Selain itu, kami juga mengutamakan keunikan. Alhamdulilah feedbacknya positif.” Ujar Tiara. Keunikan nama dan cara promosi yang dilakukan membuat banyak pengunjung datang karena penasaran. Meski baru satu bulan berdiri, nama Basian sudah banyak dicari orang. Dengan sistem foodtruck yang nomaden, pengunjung dapat megetahui lokasi dan waktu open-table dengan melihat di akun instagram @basianaddict. Berbagai tempat seperti Lapangan Sempur, Taman Kencana, dan kampus seringkali menjadi pilihan untuk open-table di bulan Ramadhan. Tak hanya masyarakat Bogor, warga sekitar Jabodetabek juga banyak yang berdatangan untuk mencicipi dessert unik ini sebagai menu berbuka puasa.

Terdapat lima varian rasa es krim yang dapat dipilih yaitu blue velvet, taro, matcha, yogurt, dan vanilla. Es krim yang diletakkan dalam batok kelapa ini kemudian ditambahkan dengan berbagai macam topping mulai dari snack dan sereal seperti Good Time, Coco Crunch, Beng-beng, Oreo, Froot Loops, hingga buah-buahan seperti kiwi, strawberry, leci, serta berbagai macam jenis topping lainnya yang dapat dikombinasikan sesuai selera pengunjung. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Pengunjung bisa mendapatkan dua scoop es krim hanya dengan merogoh kocek 15 ribu rupiah dan 2-3 ribu rupiah untuk setiap tambahan toppingnya. “Saat Ramadhan seperti ini kami buka mulai pukul 17.30-22.00 WIB. Kami juga menyediakan topping tambahan khusus bulan Ramadhan, yaitu kurma. Orang-orang wajib datang dan mencicipi dessert unik ini, karena kami akan selalu sajikan yang spesial untuk penggila dessert.” Tutup Tiara.

Nisa Hasaningtyas

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*