Event Update

Batik Jlamprang Khas Pekalongan

Minggu (09/11), sepanjang jalan Andi Hakim Nasution menuju gedung Graha Widya Wisuda dipenuhi oleh penonton yang melihat Karnaval Gebyar Nusantara (genus). Karnaval ini bagian dari Gebyar Nusantara 2014 yang biasa diadakan setiap tahun. Dengan adanya karnaval, Genus 2014  berbeda dari biasanya, karena Karnaval ini  belum ada pada tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu model Batik Jlamprang khas Pekalongan, Minggu (09/11) di  Karnaval Gebyar Nusantara2014. Foto oleh Ira Widya Z


Ikatan Mahasiswa Pekalongan-Batang (Imapeka) tampil dengan salah satu khas Pekalongan yaitu Batik Jlamprang. Menurut Dinda, salah satu mahasiswa asal Pekalongan batik Jlamprang merupakan batik yang memiliki motif seragam. Menurutnya tema batik digunakan untuk melestarikan, menjaga, serta memperkenalkan kebanggaan Pekalongan yaitu Batik. Dengan tema ini, himapeka menampilkan berbagai model dengan menggunakan motif batik yang berbeda-beda.

Batik ini juga digunakan pada Festival Batik yang biasa diadakan setiap tahun pada tanngal 2 Oktober di Pkalongan, “Buat kita festival batik ini biasa, di Pekalongan tiap tahun karnaval kaya gini” terang Dinda. Imapeka ingin mempersembahkan yang terbaik untuk IPB di Gebyar Nusantara 2014 ”Apapun hasilnya, kita sudah melakukan yang terbaik, inilah hasil kita, inilah kreasi kita, tangan kita, Mahasiswa Pekalongan” tutur Dinda.

Ira Widya Zahara

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*