Event Update

IBF Aktivitas Konkret Penggerak Kewirausahaan Nasional

Ance T M, Adi Nugroho, Budi S S Usai Mengisi Acara IBF
Bertepatan dengan usaha Indonesia menuju ekonomi yang mandiri dan berdaya saing global, UKM Century IPB dan BEM KM IPB pertama kalinya menggelar IPB Business Festival (IBF) 2013. IBF mengadakan seminar dan perlombaan entrepreneur’s essay bagi siswa/i Sekolah Menengah Atas tingkat nasional, serta Business Simulation Online dan Business Model Competition yang diikuti mahasiswa berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.
Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia turut mendukung berlangsungnya acara ini. “Acara ini wujud aktivitas konkret dalam menggerakkan kewirausahaan nasional,” ujar Dr. Ir. Abdul Kadir Damanik, MM selaku perwakilan Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.
                                                                                                               
Beliau juga menegaskan bahwa penciptaan lapangan pekerjaan kedepan tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, namun akan lebih bertumpu pada Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Saat ini adalah momen tepat bagi generasi muda untuk mengubah pola pikir untuk tidak lagi mencari pekerjaan, tapi menciptakan lapangan pekerjaan.
Acara kewirausahaan terbesar di Indonesia ini memiliki serangkaian acara yang diadakan dalam empat hari berturut-turut. Dimulai dengan TOP 10 finalis Business Model Competition diajak berkunjung ke Prasetya Mulya Business School untuk mendapat pengetahuan ilmu bisnis, Kamis (14/11). Kedua, pembuatan video profil peserta di Kebun Raya Bogor, Jumat (15/11). Disusul sebagai wujud apresiasi kepada juara dan finalis IBF 2013, diadakan temu interaktif dan gala dinner, Sabtu (16/11).
Sebagai puncak acara, dilaksanakan Expo dan Temu Wirausahawan Muda yang dihadiri tidak kurang dari 1500 peserta di gedung Graha Widya Wisuda, Minggu (17/11). Acara ini menghadirkan pembicara dari beberapa wirausahawan muda ukses seperti Willy Aristaking (King Aquascape), Budi Susilo S (Mita Tani Farm), Ance Trio M ( Bumbu Wangi), Kukuh Indra (YEA), Reza Nurhilman (Maicih), dan Adi Nugroho (Sushi Miya8i).
Rona Fauzan Noer

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*