Event Update

IPB Lahirkan Inovasi Roll Bulu Domba

Mahasiswa IPB kembali meraih penghargaan juara 1 dalam kategori inovasi tepat guna di Universitas Jambi. Tim Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diketuai oleh Maghfirah Chairani Ridha (FKH 50) bersama dua anggota lainnya yaitu Hendi (TMB 49) dan Beny (ITP 49) menerima penghargaan pada hari Minggu, 27 November 2016 lalu sebagai pemenang lomba dalam rangkain acara Faculty of Science and Technology (FST) Fair 2016. Mereka telah bersaing dengan seluruh tim LKTI lainnya di Indonesia seperti para mahasiswa asal Universitas Diponegoro yang mendapat juara 2 dan Universitas Sumatera Utara di juara 3.

1481261286942

Dok.Pribadi/KorankampusIPB

Minggu (27/11/2016), tim LKTI Beny (kiri), Chairani (tengah), dan Hendi (kanan) saat menampilkan karya mereka.

 

Inovasi yang diusung oleh tim Maghfirah Chairani ini yaitu “Flizer Roll”. Flizer Roll merupakan sebuah alat yang dapat mengurai bulu domba. Sebagai salah satu hasil dari sektor pertanian, bulu domba jarang sekali dimanfaatkan secara optimal dan akhirnya menjadi limbah yang sulit terdegradasi. Hal inilah yang membuat tim Maghfirah Chairani menciptakan sebuah inovasi baru. Selain itu, tim penyandang juara 1 ini terinspirasi pula dari produk hasil PKM-K mahasiswa IPB yaitu Produk Ecodoe yang sudah banyak dipasarkan. Kini tim Maghfirah Chairani telah bekerjasama secara berkelanjutan dengan pihak Ecodoe. Selain bermanfaat dalam mengembangkan inovasi, alat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk juga perekonomi produsen.

Ketua tim yang kerap disapa Rani ini mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang berhasil diraih oleh timnya. Perbedaan latar belakang ilmu dan kemampuan yang diemban masing-masing anggota membuat tim ini saling melengkapi dengan kunci sukses yaitu fokus dan usaha. Sering mengikuti lomba dan tidak berputus asa saat mengalami kekalahan adalah modal bagi mereka secara mental agar tidak mundur sebelum menghasilkan karya.

”Nikmati Proses, ketika kalah maka jadi banyak evaluasi dan belajar,” ungkap Rani.

Besar harapan mereka sebagai mahasiswa agar terus tercipta ide dan inovasi yang lebih baik dan berguna untuk pembangunan yang berkelanjutan.

 

Digna Orwiantari

Ed : Rina N

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

One comment

  1. Wah berprestasi ya mantep banget dah keren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*