Event Update

Karnaval Nusantara Jadi Pembuka Unjuk Gigi Budaya Bangsa

Peserta yang mengikuti kegiatan Karnaval Nusantara berarak dari gedung rektorat hingga GWW, Minggu (9/10) pagi. Kegiatan Karnaval Nusantara yang diikuti organisasi mahasiswa daerah (Omda) tersebut menjadi pembuka gelaran Gebyar Nusantara (Genus) 2014. Tiap rombongan mengenakan pakaian adat lengkap diiriingi musik khas dari daerah masing-masing. Iring-iringan peserta Genus ini mengalihkan perhatian sebagian masyarakat yang sedang berolahraga di sekitar GWW. Tak sedikit pula dari mereka yang berfoto bersama rombongan.


“Saya sedang olahraga pagi bareng anak-anak. Tadi juga sempat foto sama ondel-ondel” jawab Anis, salah satu pengunjung. Meski tak lengkap mewakili seluruh daerah, Anis mengakui bahwa Karnaval Nusantara ini sangat bagus untuk anak muda agar kenal dengan budayanya sendiri. Anis berharap kegiatan ini bisa mendorong anak muda agar dapat mempertahankan budaya negerinya dari pengaruh budaya luar.


Karnaval Nusantara adalah bagian dari konsep ‘Budaya Bangsa untuk Indonesia Beda‘ yang diusung panitia. Selain Karnaval, Genus masih diisi lomba kuliner, Expo, dan pertunjukan seni masing-masing OMDA. Pihak panitia berharap agar Genus tidak menjadi ajang persaingan antar OMDA. “Kami menekankan ke semua OMDA agar Genus kali ini harus beda dari tahun sebelumnya.” tutur Fikri Surya Andikha selaku ketua pelaksana.


Sebagai acara puncak, Gebyar Nusantara 2014 ini akan ditutup dengan pagelaran cerita rakyat nusantara hasil kolaborasi tiap OMDA.
Shalsa Nurhasanah







About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*