Event Update

[Press Release] GRAND EXPO IPB 2014 “Memberi untuk Membangun”

       

 

Sesi talkshow: “Pengabdian Tanpa Batas” (Foto: Dokumentasi panitia)

 

 Minggu(21/12), di Koridor Fakultas Ekologi Manusia berlangsung acara GRAND EXPO IPB dengan tema “Memberi untuk Membangun” yang diadakan oleh komunitas Anak MUDA IPB  sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa. Adapun rangkaian kegiatan GRAND EXPO IPB 2014 meliputi talkshow “Pengabdian Tanpa Batas: Socialpreneur”, cek kesehatan gratis, dan expo komunitas-komunitas. Selain itu terdapat juga sosialisasi mengenai Beastudi MUDA PKPU angkatan II.
 
          Anak MUDA IPB  adalah sebutan bagi 10 mahasiswa IPB yang mendapatkan Beastudi MUDA PKPU yaitu beasiswa dari PKPU. Beastudi berbeda dengan beasiswa yang pada umumnya memberikan bantuan dana saja. Beastudi adalah beasiswa yang selain memberikan bantuan dana juga memberikan pelatihan-pelatihan softskil dan pendidikan karakter setiap bulannya. MUDA dalam hal ini merupakan kepanjangan dari Mahasiswa Unggul Indonesia. Anak MUDA IPB  tersebut diantaranya Lefin Kafindra Faperta 47, Hanif Miftah Faridah Fateta 47, Syubhan Triyatna Sadanur FPIK 48, Million Muhammad Fateta 48, Muhammad Iqbal FMIPA 48, Nurul Hidayah FMIPA 48, Munawaroh FEM 48, Juhrotul Aeniah FPIK 49, Yunan Bayu Pratama Fateta 49, dan Inna Dinovita Fateta 48. Mereka merupakan Generasi pertama Anak MUDA IPB .
 
          Selain pelatihan yang diterima setiap bulannya, diberikan pula sebuah tantangan untuk membuat suatu social project dan tugas mandiri di akhir tahun. Social project yang sedang dijalankan berupa Agrischooldan AB Farming. Sedangkan untuk tugas mandiri berupa GRAND EXPO IPB 2014 yang Minggu (21/12) lalu, berhasil diselenggarakan.
 
          GRAND EXPO IPB 2014 dimulai dengan ucapan basmallah yang dipandu oleh Master of Ceremony (Liza FEMA dan Denny FEM). Kemudian, dilanjutkan dengan tilawah yang dibacakan oleh perwakilan Anak MUDA IPB  dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yaitu Syubhan Triyatna Sadanur. Menyusul setelah tilawah ada sambutan dari Ketua Pelaksana GRAND EXPO IPB 2014 yang disampaikan oleh Lefin Kafindra dan sambutan dari PKPU disampaikan oleh Erwin Setiawan selaku General Manajer Pendayagunaan PKPU. Berlangsung sosialisasi tentang Beastudi MUDA PKPU angkatan II yang disampaikan oleh Osy Yostia Utami selaku penanggung jawab program Beastudi MUDA setelah sambutan tersebut. Acara dilanjutkan dengan GEBRAK EXPO, yaitu selama 15 menit peserta GRAND EXPO IPB 2014 diberikan kesempatan untuk mengunjungi stand expo komunitas-komunitas yang ada untuk berinteraksi serta foto bersama pengisi stand yang selanjutnya akan diupload di media sosial dengan mention @BeastudiMuda. Stand expo yang harus dikunjungi, yaitu Agrisocio, Rumah Merah Putih, Sep Garden, FFI, Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru, GRAK!! Bogor, dan stand PKPU. Selain itu terdapat stand BKG (Badan Konsultasi Gizi) yang menyediakan cek kesehatan gratis.
 
           Dipandu oleh MC dari FEM dan FEMA, dilanjutkan acara utama, yaitu talkshow “Pengabdian Tanpa Batas: Socialpreneur”. Sesi talkshow kali ini menampilkan orang-orang hebat yang mempunyai jiwa sosial tinggi dan jiwa wirausaha kuat, yaitu socialpreneur Bogor diantaranya Tatiek Kancaniati (Perintis Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru), Alfi Irfan (Founder Agrisocio), dan Daniella Jaladara (Founder AgroEdu Jampang). Talkshow ini dimoderatori oleh Million Muhammad, anggota Anak MUDA IPB  dari Fateta 48. Dalam sesi talkshow ini banyak pengalaman yang disampaikan oleh narasumber. Mulai dari bagaimana awal mula bisa memilih jalan socialpreneur sampai bagaimana menjaga hati agar tetap dan senantiasa konsisten dalam jalan yang telah dipilih hingga sukses seperti saat ini. Tentu juga disampaikan ilmu dan kiat-kiat menjadi seorang socialpreneur. “Saya sudah merasakan indahnya hobi dan pekerjaan yang berjalan sama dengan memilih jalan socialpreneur ini” kutipan dari Tatiek Kancaniati ini sangat lekat diingatan para peserta maupun panitia. Jadi, silahkan tempatkan hobi sebagai pekerjaan karena pasti optimal hasilnya jika suatu pekerjaan dilakukan dengan sepenuh hati. Seperti tema talkshow yang diangkat “Pengabdian Tanpa Batas”. Pengabdian yang dapat disalurkan kemana saja, kapan saja, dan di mana saja letaknya. Semoga dengan kehadiran tiga narasumber yang hebat tersebut bisa menginspirasi peserta talkshow untuk terus mengabdi membangun negeri Indonesia. Talkshow diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pemberian plakat kepada narasumber. Kemudian pembagian doorprise kepada beberapa peserta yang beruntung. Doorpriseini dipersembahkan oleh beberapa pendukung acara di antaranya, Belli Leppi dan Kantin Dahlia. Selain itu, berlangsungnya acara juga di dukung oleh Super Kue dalam penyediaan konsumsi.
 
           Berakhirnya sesi talkshow menandakan akhir dari acara GRAND EXPO IPB 2014. Acara ditutup dengan membaca hamdallah bersama-sama yang dipandu oleh MC. Kemudian dari panitia mengajak teman-teman komunitas pengisi stand untuk makan nasi tumpeng bersama yang sudah disiapkan panitia. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini. Semoga dengan ini bisa terjalin silaturahmi baru yang membuka jalan agar selalu mengabdi dan mengabdi kepada Indonesia. Nantikan GRAND EXPO IPB selanjutnya!

Panitia pelaksana Grand Expo IPB

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*