Event Update

Putih Abu-Abu di Pesta Sains Nasional

Kemeriahan Pesta Sains Nasional tergambar dari ribuan pasang mata putih abu-abu di dalam Gedung Graha Widya Wisuda (GWW), Institut Pertanian Bogor. Lebih dari 1000 siswa/i SMA/SMK/sederajat dari Sabang sampai Merauke turut serta dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahun Alam (BEM FMIPA) dan delapan Himpunan Profesi yang berada di FMIPA.
 

Jumat (08/11), semua peserta mengikuti kompetisi awal yaitu babak penyisihan. Kemudian dilanjutkan pada hari Sabtu (09/11) di sub masing-masing, untuk mengikuti babak berikutnya yaitu babak semifinalis dan finalis bagi peserta yang lolos pada babak penyisihan. Babak penyisihan ini dilakukan dengan cara mengerjakan soal selama dua jam.
Beragamnya soal-soal yang diujikan, menimbulkan beragam penilaian dari peserta. Seperti hal yang diungkapkan oleh salah seorang peserta asal Manado, “soal pertama sih masih gampang, soal kedua lumayan, soal ketiga masih bisalah, eeeeh soal keempat dan selanjutnyaaa pasrah deh.”
Sebelum pelaksanaan babak penyisihan dimulai, diadakan technical meeting untuk menjelaskan mekanisme perlombaan kepada seluruh peserta perlombaan. Sementara guru-guru pendamping peserta berada di Auditorium Sylva Pertamina untuk mengikuti seminar yang bertema “Metode Pengajaran Kreatif untuk Mengembangkan Daya Pikir Siswa”. Dalam seminar tersebut dipaparkan bahwa menjadi gurunya manusia itu harus mengajar dengan hati. Salah satu langkah yang dapat dilakukan para guru yaitu dengan membuat sebuah form yang menggambarkan perkembangan siswa/i saat sebelum dan sesudah bersekolah di awal mereka akan memulai masuk sekolah.
Neneng Murnasih, Rona Fauzan Noer

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*