Event Update

Rambu Solo, Upacara Pemakaman Termahal di Dunia

Baju adat Sulawesi Selatan

Expo yang dilaksanakan di gedung GWW menjadi ajang unjuk gigi para Omda untuk menampilkan budaya dari daerah masing-masing peserta Genus. Salah satunya Omda Sulawesi Selatan yang mengusung tema mengenai upacara pemakaman termahal di dunia yang bernama Rambu Solo.


Patung dengan lukisan wajah serupa dengan mayat

” Tema yang kita ambil kali ini tentang pemakaman termahal di dunia di tanah Toraja. Tema ini kami ambil karena banyak orang yang belum tau bahwa upacara rambu solo ini merupakan upacara pemakaman termahal di dunia “, kata Amri Maulana. Ia menjelaskan bahwa alasan mengapa Rambu Solo ini menjadi upacara termahal di dunia karena biasanya tiap mayat yang akan dimakamkan harus memotong sekitar 80-100 kerbau. Namun ketika keluarganya tidak dapat merayakan upacara rambu solo maka mayat akan disimpan di rumah sampai uang yang terkumpul cukup untuk dapat merayakan upacara tersebut, bahkan ada pula mayat yang disimpan sampai 10-20 tahun.

Selain itu ketika mayat sudah dapat dimakamkan di Tanah Toraja, di depan makamnya akan terdapat beberapa kepala tengkorak dan patung dengan lukisan wajah yang mirip dengan mayat yang dimakamkan. “Dalam Genus ini kami berharap masyarakat bisa mengenal Sulsel dengan holistiknya.” ujar Dafi, putra daerah Sulsel pada Genus kali ini.

Shalsa Nurhasanah
M Q Huda



About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*