Event Update

Sehat dan Bugar Hanya Dengan Kursi

Waktu liburan biasanya digunakan untuk melakukan rekreasi dan aktivitas-aktivitas menyenangkan bersama teman, sahabat, ataupun keluarga. Bentuk kegiatan yang dilakukan dapat berupa wisata kuliner, mengunjungi lokasi wisata pegunungan, taman, dan sebagainya. Aktivitas yang tidak jarang dilakukan adalah melakaukan olahraga untuk lebih menyehatkan dan mendapat kebugaran tubuh. Tujuan saat berlibur dengan berolahraga juga beragam, antara lain untuk membahagiakan perasaan, berkumpul bersama sahabat, juga tentunya ingin memiliki tubuh yang bugar. Menurut Dr. Ir. Hadi Riyadi, MS, dosen Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia IPB, kebugaran jasmani dengan melakukan olahraga dapat memberikan beberapa keuntungan, yaitu tahan dalam bekerja dengan waktu yang lama, tidak lekas capai, tidak mudah terkena stress, tidak mudah terserang penyakit, dan produktivitas kerja yang tinggi.

Olahraga tidak harus dilakukan di lapangan atau gym dengan alat-alat yang mahal. Arya Kemal, seorang instruktur gym atau tempat pelatihan fitness mengungkapkan bahwa ada beberapa gerakan olahraga dapat menggunakan alat-alat yang biasanya berada di dalam rumah tangga seperti kursi. Alumnus pascasarjana Departemen Gizi Masyarakat IPB ini menambahkan bahwa, kursi selain memiliki fungsi sebagai tempat untuk duduk juga dapat menjadi alat kesehatan dan kebugaran. Contohnya ada empat gerakan yang dapat dilakukan untuk dapat berolahraga tanpa harus keluar rumah dan memiliki alat-alat olahraga yang cukup mahal. Berikut dijelaskan empat gerakan tersebut.

  1. Push Up

6834

push up

Push up biasanya dilakukan langsung pada permukaan lantai, namun gerakan ini juga dapat menggunakan alat bantu berupa kursi. Hal pertama yang dilakukan adalah meletakkan kedua telapak tangan pada ujung kursi dan selebar bahu. Lengan alam posisi lurus dan kaki diluruskan kebelakang tubuh. Tubuh digerakkan kearah bawah hingga dada menyentuh susut kursi, lalu kembalikan posisi tubuh dengan meluruskan posisi tangan seperti semula. Gerakan ini diulangin 1-3 menit. Push up berfungsi untuk menguatkan otot-otot dada, paha, dan juga lengan.

 

  1. Dips

68376838

Gerakan ini untuk memperkuat otot triceps yang ada pada lengan bagian atas. Hal yang perlu dilakukan adalah menempatkan kedua tangan dibelakang tubuh pada sudut kursi dan disejajarkan dengan lebar bahu. Kaki dapat ditekuk seperti posisi duduk atau diluruskan kedepan menyentuh lantai. Gerakan dapat dimulai dengan posisi kedua tangan dalam keadaan lurus, selanjutnya tangan gerakkan tubuh kebawah dengan mengarakan tangan membentuk siku 90 derajat, tubuh kembali diangkat dan tangan kembali pada posisi yang lurus. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang 3-5 menit.

 

  1. Lunges

68416842

 

Lunges adalah gerakan olahraga yang dilakukan untuk menguatkan otot perut,, punggung, dan bokong juga keseimbangan. Gerakan lunge dilakukan dengan melatakkan salah satu punggung kaki pada kursi, sementara kaki lainnya lurus menyentuh lantai dan posisi tubuh dalam keadaan berdiri. Selanjutnya tubuh diarahkan kebawah sehingga posisi lutut pada kaki yang menyentuh lantai menjadi 90 derajat. Gerakan ini dilakukan berulang sekitar 3-5 menit.

 

  1. Squat

68446845

Gerakan squat dapat dilakukan untuk menguatkan dan mengencangkan otot kaki serta bokong. Gerakan ini menggunakan berat atau beban dari tubuh. Tahap yang dilakukan adalah berdiri dengan posisi kedua kaki sejajar dengan bahu, lalu dorong tubuh ke arah bawah sehingga lutut akan menekuk hingga 90 derajat atau sebisanya. Gerakan ini dilakukan dengan duduk pada kursi, namun tidak bersender pada bahu kursi. Saat tubuh terdorong, pandangan dan posisi tangan lurus kedepan. Ditahan sejenak, lalu berdiri lurus kembali dan diulangin gerakan tersebut selama 3-5 menit.

Cara diatas dapat dilakukan kapan saja saat seseorang memiliki kesempatan dan waktu luang untuk berolahraga, tidak hanya dirumah hal ini dapat dilakukan di kantor bagi pekerja, tempat rekreasi, dan lainnya. Olahraga ini juga tidak memakan waktu yang lama, murah, dan mudah untuk dilakukan.

 

Digna Orwiantari

Ilustrator oleh Alifa Sekarputri

Editor : PNU

About Puput Nurul Utami

Puput Nurul Utami
Reporter 11, SKPM 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*