Event Update

Untuk Biaya Perawatan, PKL Kantin Stevia Bayar Sewa

stevia_161223_0015

Kantin Stevia Faperta (Foto oleh :  Rara A, KI 2016)

Kesepakatan lisan antara para pedagang untuk berjualan di halaman Kantin Stevia dengan pihak Faperta telah berlangsung selama satu tahun terakhir. Kesepakatan ini berujung pada pembayaran uang sewa bulanan oleh PKL kepada pihak Faperta. Mereka melakukan pembayaran secara rutin sebesar Rp 500.000 per bulan, kepada Yanto selaku Bendahara Tata Usaha Faperta.

“Setiap bulannya, saya membayar uang sebesar Rp 500.000  ke Faperta. Uang itu untuk membayar sewa tampat, air, dan listrik,” komentar salah satu PKL, yang enggan disebutkan namanya.“Kalo saya sudah bayar Rp. 500.000,00 dari awal berdagang, 9 bulan lalu,” tambah Hendra, PKL lainnya sembari menyodorkan bukti pembayaran uang sewa.

6119

Bukti  pembayaran uang sewa dari PKL kepada pihak Faperta (Foto oleh : Alferdian A, KI 2016)

 

Hal ini dibenarkan oleh Yanto. Sebelum berdagang, PKL meminta izin terlebih dahulu kepada TU Faperta dan dibebankan uang sewa sebesar Rp 500.000. Selama ini belum ada PKL yang merasa keberatan dengan uang sewa yang diberikan, bahkan Yanto mengatakan bahwa ada kemungkinan uang sewa diturunkan jika PKL meminta.

“Selama ini pedagang tidak ada yang datang ke sini untuk komplain masalah itu (uang sewa). Padahal bisa saja uang sewa diturunkan apabila disetujui. Jadi, saya pikir mereka tidak keberatan sama sekali,” ujar Yanto.

Menurut keterangan Adang selaku Kepala Tata Usaha, uang pembayaran sewa dari PKL tersebut digunakan untuk perawatan Kantin Stevia serta gaji para pekerja yang membersihkan dan merawat Kantin Stevia. Pembersihan tersebut dilaksanakan satu bulan sekali, yang rencananya pada bulan Desember dilaksanakan hari Jumat besok (30/12).

“Tambahan THR (para pekerja) ini digunakan untuk biaya perawatan, kerja bakti, uang makan dan segala macam lainnya,” tutur Adang.

 

Repoter : Rara Arifah, Alferdian Achmad

Korpus Institute 2016

 

Editor : Puput Nurul Utami

About Puput Nurul Utami

Puput Nurul Utami
Reporter 11, SKPM 51

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*