Kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19 Mengajak Siswa SDN 02 Tegal Waru Peduli Lingkungan

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Institut Pertanian Bogor (IPB) Kabupaten Bogor 19 berhasil menggelar kegiatan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah di SDN 02 Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 Februari 2024 dan diikuti oleh 100 siswa dan siswi kelas 4-6.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19 yang bertugas melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Tegal Waru. Kelompok ini terdiri dari 10 mahasiswa program sarjana IPB dari berbagai jurusan, yaitu Ariya (ketua), Raihan, Akbar, Ariel, Viera, Bilqis, Lena, Puspa, Kama, dan April. Mereka dibimbing oleh Ibu Betty Marita Subrata S.Si, M.Si, dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB.

“Kami memilih tema pembuatan pupuk organik cair (POC) dan penyuluhan sampah karena kami melihat urgensi di SDN 02 Tegal Waru yang masih belum memahami mengenai pengelompokan sampah. Kami ingin mengedukasi mereka agar lebih peduli terhadap lingkungan dan kesehatan,” ujar Viera, salah satu anggota kelompok KKN-T IPB.

Dalam kegiatan penyuluhan sampah, kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19 menjelaskan kepada siswa dan siswi mengenai jenis-jenis sampah, cara memilah sampah, dan manfaat dari pengelolaan sampah yang baik. Mereka juga memberikan contoh-contoh produk daur ulang yang dapat dibuat dari sampah, seperti kerajinan tangan, tas, dan dompet.

Selain itu, kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19 juga mengajak siswa dan siswi untuk menanam tanaman bunga matahari dan sawi di halaman sekolah. Tanaman ini kemudian disiram dengan POC yang dibuat oleh kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19 dari urine kambing yang dihasilkan oleh peternak kambing di Desa Tegal Waru.

Kegiatan penyuluhan sampah dan menanam tanaman ini merupakan bagian dari program kerja unggul kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19 yang berlangsung selama 45 hari di Desa Tegal Waru. Program kerja unggul ini adalah pembuatan POC dari urine kambing yang dihasilkan oleh peternak kambing di Desa Tegal Waru. POC ini kemudian diberikan kepada petani untuk digunakan pada perkebunan mereka.

“Kami berharap dengan kegiatan ini, siswa dan siswi SDN 02 Tegal Waru dapat lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi sampah. Kami juga berharap POC yang kami buat dapat bermanfaat bagi petani dan peternak di Desa Tegal Waru untuk meningkatkan hasil panen dan kesehatan ternak mereka,” tutur Viera, anggota kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19.

Menurut Viera, siswa dan siswi SDN 02 Tegal Waru tampak sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan sampah dan menanam tanaman. Mereka juga aktif bertanya dan berdiskusi dengan anggota kelompok KKN-T IPB Kabupaten Bogor 19. Salah satu siswa, Rizki, mengatakan bahwa ia senang belajar tentang pengelolaan sampah dan ingin membuat produk daur ulang dari sampah di rumahnya.

***

Reporter: Mutiara Rachmina Indriani

Editor: Rosita

Avatar

Mutiara Rachmina Indriani

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.