Event Update

4 Solusi Menyeimbangkan Akademik dan Organisasi

Sebagai mahasiswa kita sering dihadapkan pada permasalahan yang menuntut kita berpikir menurut skala prioritas. Contoh yang sering ditemui di kalangan mahasiswa adalah menentukan skala prioritas antara organisasi atau akademik. Namun tidak harus dalam skala prioritas tersebut kita mengorbankan satu sama lain.

Awal

Kewajiban mahasiswa yang utama adalah belajar, hal ini sudah merupakan tanggung jawab mahasiswa kepada almamater, diri mereka sendiri dan orang tua. Namun, mahasiswa juga merupakan “Agent of change” dimana mereka berada pada garda paling depan untuk suatu perubahan yang lebih baik, sehingga dibutuhkan kemampuan organisasi yang baik.

Jadi, keduanya bisa dikatakan penting penting. Akademik oke, organisasi yes!!

Dirilis oleh modubengkulu.org ada beberapa cara yang bisa diterapkan mahasiswa supaya seimbang dalam menjalankan antara akademik dan organisasi. Berikut solusinya :

  1. Find your passion

Pilihlah kegiatan di luar perkuliahan yang sesuai dengan passion. Manusia cenderung memberikan yang terbaik dan semangat saat menjalani hal yang disuka. Pilihan ini bisa menjadi pilihan organisasi yang akan tetap nyaman kalian lakukan di waktu padat sekalipun.

c1

  1. Rancang Life Plan

Siapkan buku catatan khusus untuk menata semua kegiatan yang sudah dan akan kalian. Hal ini mengurangi agenda yang bertabrakan. Selain itu, merancang life plan juga bisa mendewasakan kamu untuk menghargai waktu.

c2

  1. Perhatikan Dosen

Ini penting ! Ketika kalian tahu terdapat banyak kegiatan setelah kuliah, maka optimalkan kesempatan belajar di dalam kelas. Perhatikan dosen dan bertanyalah sejelas mungkin. Hal ini akan membantu kalian memahami mata kuliah di waktu yang sempit.

c3

  1. Evaluasi diri

Usahakan setiap akhir hari kalian mengevaluasi diri apakah sehari ini jadwal yang sudah tertata dengan apik sudah terlaksana. Jika belum, tata ulang dan niatkan lagi untuk menjadi lebih baik.

c4

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak aktif berorganisasi dan nilai jelek. Good luck, selamat mencoba. Akademik oke, organisasi yes!!

 

Rosyida A’yun
Ilustrasi oleh : Ihsan T
Ed : Ratna PH

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*