“DE-STRESS CARD” : Game Edukasi Kesehatan Mental Remaja

Dokumentasi: Tim PKM-M De-Stress Card

Stres menjadi salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh berbagai kalangan, tak terkecuali remaja. Keadaan tersebut dipicu oleh beberapa hal, diantaranya ialah maraknya bullying, body shaming, serta harassment.

Berawal atas kepedulian akan berbagai permasalahan remaja tersebut, Tim Program Kreatifitas Mahasiswa- Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Institut Pertanian Bogor (IPB) yang beranggotakan Dian Puspita Sari dan keempat temannya mencetuskan sebuah game yang ditengarai dapat menjadi solusi pemecahan masalah psikologis remaja, yaitu D-Stress Card.

Game D-Stress Card dapat dimainkan oleh minimal 4 orang dengan maksimal 8 orang, serta satu orang menjadi moderator. Setiap orang akan diberi satu buah puzzle yang harus diselesaikan dengan cara menemukan solusi atas permasalahan kasus tersebut.

Dokumentasi: Tim PKM-M De-Stress Card

Kasus – kasus yang diberikan berupa permasalahan mengenai tuntutan orang tua, tugas sekolah, dan permasalahan remaja lain yang dapat memicu stres remaja. Dalam permainan, terdapat beberapa kartu yang digunakan sebagai pemanis permainan, yaitu character card, ability card, serta stressor card.
Moderator permainan akan dibekali buku panduan tentang psikologis. Jika pemain memberikan solusi yang tepat sasaran, maka moderator akan memberikan koin. Koin tersebut digunakan untuk mengumpulkan potongan puzzle untuk menang.

“Pembuatan game ini berawal dari iseng belaka. Kita memikirkan bagaimana caranya agar dapat memberikan edukasi tentang kesehatan mental dengan cara yang menyenangkan,”ujar Galih, salah satu anggota Tim PKM-M De-stress card.

Output dari permainan ini diharapkan para remaja dapat menerima fisik diri sendiri dengan baik, serta mampu melakukan penyelesaian masalah dibawah tekanan.

Sasaran dari De-stress card tidak hanya remaja itu sendiri, namun juga turut diperuntukan bagi guru bimbingan konseling (BK) guna megetahui dan memelajari setiap permasalahan mental yang dialami para murid. Saat ini (15/07), Tim PKM-M De-stress card tengah menjalin mitra dengan SMAN 3 Bogor.

Mochammad Adam M.
Editor : Uswatun Khasanah
Karina Rahmi Maulidya

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.