Kepulauan Seribu Menjadi Lokasi Ekspedisi Himiteka IV

Penat dengan hiruk-pikuk perkotaan merupakan keluhan yang biasa dirasakan kaum urban. Keinginan berlibur terhambat oleh waktu libur singkat, budget tinggi dan jarak tempuh tempat wisata. Namun perlu diketahui daerah perkotaan seperti  Jakarta memiliki surga dibalik jajaran tiang perkotaan, yaitu Kepulauan Seribu.

Poster Ekspedisi Himiteka IV
Poster Ekspedisi Himiteka IV

Kepulauan Seribu telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), pemerintah telah berkomitmen untuk memanfaatkan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Kelautan (Himiteka) berusaha untuk bersinergi dengan tujuan pemerintah melalui kegiatan “Ekspedisi Himiteka IV: Mengungkap potensi bahari di Kepulauan Seribu bagian Utara”.

Ekspedisi Himiteka IV menetapkan Pulau Jukung, Pulau Tongkeng, Pulau Macan Kecil, Pulau Genteng Kecil dan Pulau Melintang Kecil sebagai lokasi tujuan pengambilan data untuk interpretasi potensi pariwisata. Ekspedisi dilaksanakan mulai Agustus 2017 dengan melakukan pencarian data. Data tersebut meliputi oseanografi, akustik kelautan, pemetaan, dan hidrobiologi laut. Data yang didapat selanjutnya ditabulasikan dan ditentukan Indeks Kesesuaian Pariwisata (IKW) kemudian divisualisasikan menjadi peta wisata.

Ekspedisi yang berkerjasama dengan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu tersebut berkonsultasi dengan ahli, yaitu Dr Fredinan Yulianda, M.Sc. Seluruh hasil dari ekspedisi selanjutnya akan dipublikasikan pada Seminar Hasil Ekspedisi Himiteka IV yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 11 November 2017 di Auditorium Andi Hakim Nasution pada rangkaian Indonesia Marine Summit (IMS) 2017.

 

Hubungi kami!
Ekspedisi Himiteka IV
Instagram: @ekspedisihimiteka
Twitter: @ekspedisihimitk
Email: ekspedisihimiteka@gmail.com

 

Kontributor : Himiteka

Ed : Ratna PH

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.