Arus Pendek Listrik Sebabkan Kebakaran pada Kios yang IPB University Kelola

Peristiwa kebakaran terjadi diduga akibat adanya arus pendek listrik di Jalan Babakan Raya, Kabupaten Bogor pada Senin (22/11). Kejadian yang terjadi pada pukul 05.00 WIB tersebut menghanguskan kios-kios yang dikelola oleh IPB University. Menurut kesaksian warga, api berasal dari kios bagian tengah, yaitu kios penjual sate padang. Kemudian, api merambat dengan cepat ke kios-kios lain di sekitarnya.

“Kalau yang aku tahu, yang bagian depan saja ada delapan (kios yang terbakar). Kan apinya sampai ke belakang juga, berarti kisaran 16 sampai 20 kios,” ujar Iis, pemilik usaha sembako yang kiosnya turut terbakar, lewat keterangannya, Senin (22/11).

Pada saat kejadian, kondisi daerah tersebut masih sangat sepi. Belum ada aktivitas jual beli yang berlangsung. Sehingga, usaha pemadaman oleh warga sekitar menjadi lebih sulit dilakukan karena minimnya jumlah orang yang berada di lokasi. Para pemilik kios pun tidak sempat menyelamatkan barang dagangan mereka, lantaran terlambat mendapatkan informasi mengenai peristiwa ini.

Menurut keterangan dari Iis, tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian sekitar pukul 06.00 WIB, disusul oleh petugas PLN yang datang untuk memutus aliran listrik. Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dari bagian depan kios. “Kalau damkarnya sendiri, awal mulanya kayaknya dari (tim pemadam kebakaran) Kota Bogor tuh, yang di depan kios. Pemadam yang dari IPB membantu memadamkan dari bagian dalam (wilayah kampus),” tutur Iis.

Iis juga menambahkan, ia sempat mendengar adanya ledakan dari arah kios sebelum aliran listrik diputus. Kobaran api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun menurut Iis, kerugian yang dialami kiosnya diperkirakan mencapai lebih dari 50 juta rupiah.

IPB University, selaku pengelola kios-kios tersebut, telah menghubungi para pemilik kios untuk segera melaporkan total kerugian yang dialami. Namun, belum ada kepastian lebih lanjut apakah pihak kampus akan memberikan kompensasi atas kerugian dari peristiwa ini. “Dengan adanya imbauan dari pihak kampus untuk mendata kerugian, Kami berharap bisa segera mendapatkan ganti rugi,” tutup Iis.

Reporter: Alya Nur Shabihah, Az-Zahra Kania
Fotografer: Gian Achmad Ramdani
Editor: Ikfanny Alfi Muhibbah Shalihah

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.