Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI) 2015 dilaksanakan hanya di Bogor

IPB memiliki lima jalur untuk penerimaan mahasiswa baru, salah satunya adalah Ujian Talenta Masuk IPB (UTMI). Penerimaan mahasiswa baru tahun 2015/2016 melalui UTM diujikan pada tanggal 4 Juli mendatang dengan basis ujian tulis. IPB menyiapkan enam hingga delapan persen bangku untuk mahasiswa jalur ini. Tahun lalu UTM dilaksanakan di Bogor, Surabaya, Manado, dan Makasar, tetapi untuk tahun ini hanya di Bogor. Pendaftaran jalur ini dibuka mulai tanggal 10 Juni hingga 26 Juni.

TL
Infografik jadwal kegiatan akademik IPB Juli-Agustus (Desain: Samudera A)

Tujuan dari adanya UTMI sendiri adalah untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang besar dalam kepemimpinan karena penerimaan ini berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Lima jurusan di IPB yang menjadi favorit tahun lalu dan akan menjadi ukuran untuk tahun ini pertama adalah Gizi dengan persentase persaingan 2,2%, kedua Ilmu Komputer 2,9%, ketiga Manajemen 3,2%, keempat Teknik Industri Pertanian 3,3%, kelima Teknik Sipil dan Lingkungan serta Agribisnis 3,5%. Semakin kecil persentase berarti persaingan semakin tinggi.

“Jumlah pendaftar UTMI belum dapat dipublikasikan, data masih di Dikti,” terang Puji petugas loket pelayanan mahasiswa IPB. Pihak IPB belum bisa memberikan kepastian informasi mengenai UTMI 2015 ini karena ujiannya belum dilaksanakan, “kami bisa memberikan informasi setelah ujian, mungkin tanggal 6,” jawab beliau. Penerimaan jalur UTMI akan diumumkan pada tanggal 11 Juli 2015.

Ritdza WL

Samudera A

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.