Event Update

Projek Kelas Video dan Iklan Korpus Institut 2015

Korpus Institut merupakan badan perekrutan anggota baru Koran Kampus IPB. Tujuan utamanya adalah memberikan teori dan pengalaman praktek dalam produksi media cetak maupun online skala Pers Mahasiswa. Peserta di bagi ke dalam 3 seri kelompok, yaitu Video dan Iklan, Tabloid Mini, dan Online.

Berikut penjelasan detil kelas Video dan Iklan:

Misi pertama kelas Video dan Iklan adalah pemahaman segmentasi pasar. Kelas dibagi ke dalam kelompok-kelompok yang telah ditentukan sekitar 3-4 orang. Setiap kelompok wajib mengolah data quesioner buletin PEKA edisi pertama dari sebaran yang ada di asrama-asrama TPB ke dalam bentuk grafik. Selain itu, tiap kelompok akan memaparkan presentasi hasil kajian terhadap data serta menyimpulkan dan memberikan saran yang dirasa perlu pada tanggal 10 Mei 2015.

Misi kedua kelas Video dan Iklan adalah strategi pemasaran dan pelaksanaannya. Kelas dibagi ke dalam tiga kelompok besar. Kelompok ini juga dipersiapkan sebagai satu kelompok untuk misi ketiga dan produksi tabloid mini di seri Tabloid Mini Korpus Institut mendatang. Peserta diharapkan merancang sebuah strategi pemasaran yang efektif dan berkala sehingga tepat sasaran.

Projek yang dikerjakan dalam misi kedua, yaitu iklan dalam bentuk desain, foto, dan video. Setiap kelompok mengerjakan 5 desain, 5 foto, dan 5 video. Materi yang disajikan dalam iklan berupa produk-produk Koran Kampus IPB, Kelembagaan Koran Kampus IPB, dan media sosial Koran Kampus IPB. Khusus video, satu video iklan berdurasi 1-3 menit dan empat video lainnya berdurasi 15-30 detik. Semua konten iklan yang dibuat wajib di sebar luaskan melalui media digital. Konten juga dikirim ke email ichwanulam@korpusipb.com dan dicetak secara individu oleh peserta sebagai portofolio. Projek iklan ini berdurasi sekitar 19 hari terhitung sejak 29 April 2015 sampai 17 Mei 2015. Kemudian, setiap kelompok memberikan presentasinya pada tanggal 17 Mei 2015 berdasarkan seluruh konten iklan yang diproduksi.

Misi ketiga kelas Video dan Iklan berupa proposal penerbitan tabloid mini. Setiap peserta yang telah terbagi ke dalam kelompok di misi ke dua melanjutkan produksinya ke tahap lebih lanjut, yaitu produksi tabloid cetak. Terhitung sejak 3 April 2015 sampai 17 April 2015 setiap kelompok wajib merancang sebuah proposal penerbitan tabloid cetak. Informasi lebih lanjut perihal tabloid mini akan disampaikan pada tulisan berikutnya. Selanjutnya, akan disampaikan pembagian kru pendamping tiap kelompok tabloid mini dan ketentuan tabloid mini yang harus diproduksi.

Kemampuan mengorganisasi dan menjaga kestabilan tim menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam seri video dan iklan ini. Selain itu, prioritas individu, kerja sama tim, dan komunikasi antar anggota menjadi faktor krusial yang menentukan berhasil tidaknya semua projek ini. Diharapkan seluruh anggota saling menyampaikan kesanggupan dan kemampuan masing-masing agar terbentuknya kerja sama tim yang utuh dan kuat.

Daftar pembagian kelompok dapat kamu lihat di alamat berikut

www.korpusipb.com/korpus-institut/pembagian-kelompok-kelas-video-dan-iklan/

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*