Event Update

“TEKADO” Solusi Meningkatkan Minat Baca pada Anak dengan Tema Urban Farming

1500283502255

Buku merupakan salah satu metode tertua dalam menyampaikan edukasi kepada masyarakat, baik di kalangan pelajar maupun orang awam. Namun, munculnya teknologi seperti hand phone, televisi pintar, dan lainnya di zaman yang modern ini, menyebabkan banyak kalangan yang memilih metode non buku sebagai sumber informasi mereka. Tim ini percaya bahwa ada metode lain yang menarik dan lebih interaktif dalam menyampaikan edukasi khususnya pertanian modern dengan tetap menggunakan buku.

Zaky Qodriyanzah, Muhammad Jundy Arief, Wirasatya Pratama, Divine Ifransca, Almas Ratna, dan Aqil Abiyanto merupakan mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang mengambil program studi berbeda-beda. Mereka mengembangkan suatu metode dengan ide sebuah buku interaktif yang mengedukasi para pembacanya (terutama kalangan anak usia dini) dengan tema pertanian modern atau biasa kita sebut urban farming. Dengan adanya metode terbarukan seperti ini, kalangan anak usia dini dapat belajar sambil menikmati prosesnya. Dari situlah akhirnya tim ini berhasil disponsori oleh KemristekDikti melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) dan juga bidang Pengembangan Masyarakat (PKM-M).

Inovasi ini disebut “TEKADO (Teknologi AutoAudio)”. Teknologi ini memanfaatkan teknik pop up sebagai media interaktifnya dan juga suara yang akan muncul secara otomatis di setiap lembar halamannya. Sistem yang digunakan juga mudah, hanya dengan menambahkan tactile sebagai sensor tekan dan audio suara serta IC sebagai penyimpan suaranya ditambah dengan penghidup daya. Alat-alat tersebut mudah untuk ditemui di toko elektronik disekitar kita.

Menurut Zaky selaku ketua tim, metode TEKADO dapat sangat mudah diterima karena buku yang sarat akan informasi, minim teks tetapi penuh akan visualisasi gambar. Disamping itu, TEKADO akan mengembangkan berbagai macam tema dalam lingkup urban farming. Pada kesempatan kali ini TEKADO mengangkat tema tentang Hidroponik. Target luaran PKM yang digagas adalah terciptanya suatu metode baru dalam penyampaian ilmu pertanian yang tetap menarik dengan teknik pop up dan auto audio. Selain itu TEKADO juga memotivasi mahasiswa lain dalam berlomba-lomba menciptakan inovasi demi Indonesia yang lebih bermartabat.

 

Ed: Alya PM

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*