Event Update

Yahoo Messengger Resmi Ditutup pada 17 Juli 2018

Sumber: m.merdeka.com

Sumber: m.merdeka.com

Dewasa ini, dunia tidak bisa lepas dari segala kebutuhan teknologi. Kehidupan digital telah mencapai puncak kejayaannya sejak beberapa tahun terakhir, sebut saja perkembangan sosial media yang terus menjamur dari waktu ke waktu. Penggunaan sosial media sebagai sarana berinteraksi telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Masih ingatkah kalian dengan Yahoo Messenger? Aplikasi pesan instan yang pernah menjadi sarana komunikasi yang digemari masyarakat tersebut kini harus mengakhiri perjalanannya pada 17 Juli 2018 mendatang.

Dilansir dari laman resmi Yahoo, Oath Inc. selaku perusahaan yang memayungi Yahoo mengumumkan aplikasi pesan instan Yahoo Messenger resmi ditutup pada 17 Juli 2018 mendatang. Pengguna tidak lagi dapat melakukan log in terhadap aplikasi dan akan kehilangan semua daftar kontak Yahoo Messenger yang dimilikinya. Meskipun demikian, pengguna masih dapat mengakses layanan lain seperti Yahoo Mail menggunakan akun Yahoo yang telah dimiliki. Pengguna juga berkesempatan untuk menyimpan riwayat pesan yang ada di Yahoo Messenger dengan mengunduhnya di situs resmi milik Yahoo. Pihak Yahoo hanya memberikan waktu selama 6 bulan untuk mengunduhnya sebelum pesan-pesan tersebut akan hilang secara permanen.

Pihak Yahoo tidak menjelaskan alasan ditutupnya aplikasi yang telah memulai perjalanannya sejak tahun 1998 tersebut. Diduga, faktor utama penyebab ditutupnya Yahoo adalah persaingan yang semakin ketat di dunia digital, terbukti dengan hadirnya sosial media seperti Whatsapp, Facebook, Line dan Snapchat. Konten yang lebih menarik dan fitur yang lebih lengkap menyebabkan masyarakat lebih tertarik menggunakan aplikasi sosial media terbaru dan memutuskan untuk tidak lagi menggunakan Yahoo Messenger sebagai sarana komunikasi.

“Karena lanskap komunikasi terus berubah, kami fokus pada pembangunan dan pengenalan alat komunikasi baru yang menyenangkan dan lebih cocok bagi kebutuhan pengguna,“ tulis Yahoo dilansir dari laman Tech Crunch (9/6/2018).

“Saat ini belum ada produk yang siap untuk menggantikan Yahoo Messenger,” tulis Yahoo dalam laman resminya.

“Kami masih melanjutkan eksperimen dengan layanan dan aplikasi terbaru, salah satunya adalah aplikasi pesan instan grup undangan yang disebut Yahoo Squirrel,” lanjutnya seperti yang dilansir dari Tech Crunch. Squirrel adalah aplikasi pesan instan sehingga pengguna hanya bisa masuk ke dalam grup tertentu melalui undangan saja. Saat ini, aplikasi Yahoo Squirrel masih dalam format beta dan mulai diuji coba bulan lalu. Yahoo akan mempersiapkan produk-produk baru yang lebih canggih dan menarik untuk digunakan.

Hudzaifah Fatma
Ed: Tasya Ch

Sumber: Kompas.com
CNN.com
Tribunnews.com

About Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus
Lembaga Pers Mahasiswa Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*