Antusiasme Memuncak, Himpunan Mahasiswa Padang (HIMAPD) Sukses Menarik Minat Siswa/i SMA Se-Kota Padang dalam Acara Canvassing IPB Regional Padang

Kegiatan Canvassing IPB Regional Padang yang merupakan kegiatan penjelajahan dan pengenalan IPB University kepada siswa/i SMA se-Kota Padang sukses dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Padang (HIMAPD) dengan puncak kegiatannya pada Minggu (14/1). Canvassing yang dihadiri oleh lebih dari 1000 siswa/i SMA se-Kota Padang ini dilaksanakan di Auditorium Universitas Andalas, Padang, dengan mengusung tema “Exploring Agro-innovation: Shaping the Future at IPB University”.

Sesuai tema yang diangkat, kegiatan canvassing ini bertujuan untuk mendorong pengenalan IPB University sebagai kampus yang berfokus pada inovasi di bidang agromaritim yang selalu berorientasi pada masa depan. Muhammad Hafizt Ramadhan, ketua pelaksana dari kegiatan Canvassing Regional Padang ini turut berkata, “Alasan kita memilih tema ini karena sebenarnya sangat erat kaitannya dengan IPB University. IPB ini kan kampus pertanian terbaik bangsa dan selalu membuat terobosan baru ataupun inovasi baru, nah kita ingin anak-anak SMA di luar sana khusunya anak-anak di  daerah saya juga mengenal IPB University seperti apa adanya. Hal ini sekaligus bertujuan untuk merubah mindset anak-anak SMA yang umumnya menganggap bahwa IPB Itu hanya tentang pertanian, padahal sejatinya adalah inovasi pertanian.”

Rangkaian kegiatan dari canvassing ini dilaksanakan dalam dua tahap, yang pertama adalah pra event dan kedua adalah puncak acara dari kegiatan canvassing. Pra event ini diisi dengan perlombaan berupa solo song dan band yang dilaksanakan secara daring. “Pada pra event kita mengadakan lomba solo song dan band, dimana lomba diadakan secara online dan dibuka untuk seluruh SMA/SMK/Swasta se-Kota Padang dan kita unggah di Instagram @canvassingipb.pdg dengan sistem penilaian like terbanyak. Bagi pemenang dari kompetisi ini akan diberikan Tabungan Pembangunan Nasional (Tabanas) dan sertifikat serta kesempatan untuk tampil di acara puncak Canvassing Regional Padang yang diadakan pada Minggu, 14 Januari 2024 di Auditorium Universitas Andalas, Padang,” tutur Hafizt.

Persiapan rangkaian canvassing ini dilakukan dalam kurun waktu 1 bulan lamanya. Dalam interval waktu ini, para panitia melaksanakan kegiatan IPB Goes to School (IGTS), yakni kegiatan mengunjungi Sekolah Menengah Atas (SMA) secara door-to-door terlebih dahulu ke lebih dari 27 sekolah di Kota Padang sekaligus memperkenalkan acara Canvassing Regional Padang ini ke sekolah-sekolah tersebut. Dalam rangkaian IGTS ini, selain menyebarkan informasi tentang IPB University, setiap panitia juga langsung melakukan sosialisasi sekaligus promosi Canvassing Regional Padang agar mengetahui lebih detail terkait IPB University, bukan hanya permukaannya saja.

Sukses mendatangkan lebih dari 1000 partisipan yang merupakan siswa/i SMA/SMK se-Kota Padang, acara Canvassing Regional Padang ini berjalan spektakuler dengan dibuka oleh video sambutan peserta, pembukaan MC, Tilawah, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne IPB, tarian tradisional, sambutan ketua pelaksana, ketua alumni, serta pembukaan resmi secara simbolis oleh Drh. Erinaldi. M.M selaku Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumatera Barat, Rina Morinta selaku Bendahara DPD HA IPB Sumatera Barat, dan Desniarti selaku Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat.

Acara dilanjutkan dengan parade bendera fakultas yang ada di IPB University, kemudian di pertengahan acara terdapat talkshow, hiburan solo song, sesi bersama Ruangguru, sesi pengenalan lebih dekat tentang IPB University oleh panitia, serta apresiasi bagi peserta penanya terbaik. Setelah melewati rangkaian acara, pada puncak acara diakhiri dengan penayangan video dan awarding lomba serta penampilan band pemenang lomba pada pra event serta hiburan menarik lainnya. Tak kalah menarik, di acara ini juga terdapat stand fakultas untuk memfasilitasi peserta agar bisa mengenal lebih dekat fakultas yang ingin mereka ketahui.

“Nah, harapan saya dengan adanya canvassing di regional Padang ini, agar nantinya siswa dan siswi khususnya se-Kota Padang ini tau kalau IPB tidak hanya tentang pertanian melulu dan juga agar mereka tau kalau IPB ini adalah salah satu kampus terbaik bangsa,” tutup Hafizt.

***

Reporter: Haidar Ramdhani

Editor: Rosita

 

Avatar

Haidar Ramdhani

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.