Dukung Smart Agriculture, Tim Skopuk IPB Luncurkan Pupuk Hidrogel Revolusioner di Ajang PKM- K

Tim Skopuk yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa berbakat IPB University berhasil menciptakan inovasi pupuk hidrogel untuk Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) di bidang Kewirausahaan. Tim ini terdiri dari Asyfa Thalita S. (CEO) dari Prodi Biologi, Silvia Nuraini (CPO) dari Prodi MSL, Muhammad Dival (CMO) dari Prodi Bisnis, Asyfa Trinovalaila (CFO) dari Prodi Bisnis, dan Azizah Luthfiyah (CDO) dari Prodi Bisnis. Inovasi mereka berhasil lolos ke tahap PKP2 atau persiapan presentasi daring menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Bisnis Skopuk telah resmi dibuka dan bisa diakses melalui media sosial seperti Instagram maupun e-commerce.

Pupuk hidrogel ini merupakan inovasi pupuk yang mampu menutrisi tanah sekaligus tanaman. Skopuk ialah pupuk yang menggunakan hidrogel sebagai medianya. Selain itu, untuk meningkatkan produktivitas dalam penyaluran nutrisi ke tanaman, Tim Scopuk menambahkan limbah scoby dan kasgot. Salah satu keunggulan hidrogel adalah memiliki sifat slow release, yang berarti hidrogel secara bertahap dan konsisten melepaskan air ke tanaman di sekitarnya. Hal ini memungkinkan tanaman mendapatkan pasokan air yang cukup dan stabil.

Sumber: Narasumber

Ide ini muncul dari keprihatinan Tim Skopuk terhadap generasi muda, khususnya mahasiswa IPB University yang semakin kurang berminat untuk menjadi petani. Stigma negatif terhadap profesi petani serta kesulitan lahan subur di beberapa daerah di Indonesia, seperti Papua, menjadi latar belakang pengembangan pupuk ini. Tim Skopuk berharap inovasi mereka dapat mengubah pandangan generasi muda terhadap profesi petani dan menginspirasi pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung pertanian modern.

Muhammad Dival selaku Chief Marketing Officer (CMO) Bisnis Scopuk menekankan pentingnya peran generasi muda dalam mendukung kemandirian pangan Indonesia. “Menjadi petani bukanlah pekerjaan yang kurang bergengsi. Petani adalah sosok yang mampu menopang suatu bangsa. Harapan kami, semakin banyak generasi muda yang sadar akan pentingnya inovasi pangan untuk menunjang kemandirian Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan produk pupuk kami yang dapat menunjang petani mencapai smart agriculture,” ujar Dival. Inovasi pupuk hidrogel ini ┬ájuga diharapkan dapat membuka peluang baru dan memberikan solusi bagi pertanian di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengikuti Skopuk di Instagram @skopuk.id, Shopee SKOPUK, dan Facebook Skopuk┬áKombucha.

***

Reporter: Sri Riva Virgianti

Editor: Fairuz Zain

Avatar

Sri Riva Virgianti

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.