Hari Gizi Nasional, Himagizi IPB Adakan Konsultasi Gizi Gratis dan Aerobik Bersama

Fotografer: Titis Rahfaprilia

Hari Gizi Nasional ke-59 yang bertajuk “Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi” jatuh pada hari Kamis (25/01). Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi (Himagizi) Institut Pertanian Bogor (IPB) menyambut Hari Gizi Nasional (HGN) dengan menyelenggarakan kegiatan konsultasi gizi gratis, serta aerobik bersama, bertempat di koridor Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). Peserta kegiatan berasal dari mahasiswa IPB.

“Setiap tahun, perayaan Hari Gizi Nasional rutin diselenggarakan secara terpusat di Bundaran Hotel Indonesia, di Jakarta. Akan tetapi, sebagai Himpunan Mahasiswa Ilmu Gizi, kami ingin hari gizi juga dirasakan oleh teman-teman mahasiswa IPB lain, tidak hanya mahasiswa gizi saja,” ujar Salsabila Nadien, Ketua Pelaksana HGN IPB.

Fotografer: Titis Rahfaprilia

Kegiatan konsultasi gizi dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Gizi IPB tingkat tiga dan empat yang tergabung dalam klub Badan Konsultasi Gizi (BKG). Pengunjung yang sudah melakukan pendaftaran akan diukur tinggi badan, berat badan, kadar tulang, kadar lemak, kadar air, dan kadar ototnya. Hasil pengukuran tersebut selanjutnya dikonsultasikan untuk mendapatkan informasi dan edukasi lebih lanjut terkait dengan status gizinya. Fasilitas lain yang disediakan Himagizi yaitu pojok mitos dan fakta, serta spanduk dengan QR Code artikel terkait Hari Gizi Nasional yang dapat di-scan melalui aplikasi Line.

“Untuk tahun ini, kita mengambil tema acara Mahasiswa Bergizi, Mahasiswa Berprestasi. Kami berharap mahasiswa menyadari bahwa gizi itu penting untuk kesehatan jangka panjang dan turut memengaruhi prestasi mereka. Meskipun tenggat waktunya lama. Edukasi tersebut kami lakukan melalui berbagai media, seperti media sosial Himagizi, pojok mitos dan fakta, QR code artikel Hari Gizi Nasional, serta melalui konsultasi gizi,” jelas Ananda Salsabilla, Ketua Himagizi IPB.

Ananda menuturkan harapannya, bahwa pesan-pesan gizi telah yang telah disampaikan pada mahasiswa dapat dilaksanakan, memberikan kebiasaan baru yang lebih sehat, serta konsumsi makanan yang lebih bergizi. Pelaksanaan yang baik dapat mendorong prestasi mahasiswa menjadi lebih gemilang dan kesehatan sumberdaya manusianya tergolong baik. “Mahasiswa yang banyak peduli kepada masyarakat diharapkan dapat peduli juga terhadap dirinya sendiri, terutama dalam hal kesehatan,”ujarnya.

Turut hadir Dekan FEMA, Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc, Komisi Kemahasiswaan Gizi Masyarakat, sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan positif yang dilakukan oleh Himagizi.

Titis Rahfaprilia
Editor: Karina Rahmi

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.