Inovasi Baru Dunia Peternakan: HEBAT’S Hadir sebagai Solusi Penyakit Mastitis Cepat Larut!

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) IPB University berhasil menciptakan inovasi unggul! Tim PKM-K yang beranggotakan Ahmad Rafly, Afriliani Tasya, Triliyani Lesmana, Rachmah Rahayu, dan Qonitatun Ma’rifah ini merancang produk obat antimastitis. Tim ini dibimbing langsung oleh Prof. Dr. Ir. Yuli Retnani, M. Sc. 

Saat ini, masih marak peternak yang menggunakan produk kimia untuk mengobati mastitis pada hewan ternak. Produk kimia pada hewan ternak dapat berdampak pada resistensi antibiotik, iritasi, dan residu yang tertinggal. Maka dari itu, kelima mahasiswa Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan ini tergerak untuk melahirkan tablet herbal cepat larut yang dinamakan HEBAT’S.

HEBAT’S hadir sebagai obat antimastitis berbentuk tablet pertama dengan klaim cepat larut. HEBAT’S diracik dari ekstrak daun sirih dan rimpang jahe. Tim memilih tanaman herbal yang merupakan bahan alami agar obat terjamin aman, praktis, dan ekonomis. 

Sumber: Narasumber

Obat ini bekerja dengan metode pencelupan ambing. Pencelupan ambing sendiri adalah teknik mencelupkan ambing hewan ternak ke dalam larutan antiseptik. Hal ini dilakukan untuk mencegah bakteri masuk ke dalam ambing hewan ternak. Pencelupan ambing dapat mengurangi potensi mastitis dan tersebarnya bakteri pada hewan ternak. 

Pencelupan ambing dinilai sebagai metode pengobatan yang efektif. Pencelupan ambing mampu mengurangi risiko efek samping pada hewan, juga pada manusia yang mengkonsumsi hewan ternak tersebut. Masuknya bakteri dapat terhambat karena sel somatik pada hewan ternak menurun.

Kini, HEBAT’S diedarkan secara offline dan online. Secara offline, tim memasarkan produk secara langsung kepada peternak. Obat ini pun mendapat respon baik dari para peternak. Salah satu peternak mengemukakan, “Saya senang akhirnya ada produk antimastitis yang praktis, aman bagi hewan ternak, dan aman bagi kantong juga.” Secara online, HEBAT’S diedarkan di beberapa social media dan e-commerce seperti Instagram, Shopee, Tokopedia, dan Facebook  (@herbal_hebats). 

Tim mempunyai harapan yang besar untuk produk inovasi mereka ini. Tim berharap HEBAT’S dapat dikenal secara luas oleh  para peternak sapi perah agar produk kimia tidak lagi digunakan. “Saya berharap tidak terjadi lagi hal yang dapat merugikan peternak dan hewan ternaknya”, tutur salah satu anggota tim. 

***

Reporter: Aisyah Ahadini Zuhaila

Editor: Fairuz Zain

Avatar

Aisyah Ahadini Zuhaila

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.