Salshi Dry Shampoo Powder: Produk Inovatif untuk Hewan Kesayangan Karya Tim PKM-K IPB University

Produk Salshi Dry Shampoo Powder merupakan inovasi karya salah satu Tim PKM Kewirausahaan IPB University yang diketuai oleh Muh Rifky Rachman (Paramedik Veteriner) dan beranggotakan Muhammad Haikal Adhim (Paramedik Veteriner), Muhamad Yusuf Firdaus (Analisis Kimia), Akhmad Imam Firjatullah (Akuntansi), dan Thoifatul Munawwaroh  (Manajemen Agribisnis). Tim PKM-K ini berhasil membuat inovasi berkat bimbingan dari Drh. Tetty Barunawati Siagian, M.Si. 

Salshi Dry Shampoo Powder adalah produk inovatif untuk hewan kesayangan seperti kucing, anjing, kelinci, marmut, hamster, dan lain-lain. Produk Salshi Dry Shampoo Powder dijual dengan harga Rp25.000 yang berisi 100 gram dengan botol 100 ml. Produk Salshi Dry Shampoo Powder untuk saat ini telah terjual lebih dari 100 botol, baik di e-commerce (Shopee, Tokopedia dan TikTok Shop) maupun B2B dengan mitra kami yang mencakup Karadenan VetCare Clinic, Hikari Vet Clinic, Klinik Hewan Pikko Pet Clinic, Depok Pet Center, Kaizen Pet Shop, Bobon Pet Shop Grooming and Vet, Budidaya Ayam Hias “Rumah Silkie”, dan Momomo Pet Shop.

Sumber: Narasumber

Latar belakang terciptanya Produk Salshi Dry Shampoo Powder ialah untuk mengatasi berbagai masalah perawatan hewan peliharaan yang sering dihadapi oleh pemilik, seperti mandi basah yang tidak dianjurkan untuk anak kucing dan anjing, induk bunting, induk menyusui, hewan sakit, dan hewan yang tidak memungkinkan mandi basah saat hujan. Salshi Dry Shampoo Powder merupakan jawaban dari permasalahan tersebut, dimana hewan tetap bersih dan wangi walaupun tidak dimandikan secara basah. 

“Produk Salshi Dry Shampoo Powder ini berbeda dengan produk sejenisnya karena produk ini terbuat dari bahan alami dengan multi manfaat. Kandungan bahan alami tersebut terdiri dari daun sirih merah, daun salam, dan sabut kelapa. Produk ini dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit, mengurangi kerontokan rambut, berperan sebagai anti kutu, anti jamur, anti mikroba, dan anti ketombe, serta dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut hewan. Selain itu, produk ini merupakan implementasi dan mendukung program SDGs poin 13 dengan memanfaatkan kembali limbah sabut kelapa menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai jual,” tutur Rifky.

Sumber: Narasumber

Salshi Dry Shampoo Powder telah melakukan grand launching produk pada tanggal 9 Juni 2024 melalui e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan TikTok Shop, serta offline di Sekolah Vokasi IPB University. Penjualan produk Salshi Dry Shampoo Powder ini telah bekerja sama dengan klinik hewan dan petshop yang berlokasi di Gresik, Bekasi, Depok, dan Bogor. Proses promosi dilakukan dengan media sosial melalui postingan Instagram @smartpetscare.official. Sasaran dari produk Salshi Dry Shampoo Powder yaitu pemilik hewan peliharaan, klinik hewan, petshop, komunitas pecinta hewan, groomer hewan, dan rumah sakit hewan.

Hadirnya produk Salshi Dry Shampoo Powder dapat menjadi solusi yang berkelanjutan dalam membantu pemilik hewan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut hewan kesayangan. Produk ini dapat menjadi pionir dan menginspirasi produk-produk baru untuk memanfaatkan kembali limbah menjadi produk yang bernilai serta ramah lingkungan, dan dapat ekspansi dalam jangka waktu yang pendek ke seluruh wilayah Indonesia dan Asia Tenggara. 

***

Reporter: Shafa Salsabila Inika Putri

Editor: Fairuz Zain

Avatar

Shafa Salsabila Inika Putri

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.