Tim KKNT-I IPB University Kelurahan Curug Membawa Gebrakan dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan

Dalam rangka mewujudkan keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Curug, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Mahasiswa IPB University melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema besar “Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Mewujudkan Keberlanjutan Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Curug”. Salah satu kegiatan unggulan yang dilakukan adalah Sustainable Urban Farming dengan sebagai kegiatan Edukasi Tani.

Tim KKNT-I Kelurahan Curug, dipimpin oleh Muhammad Khalil Fauzan sebagai Ketua dan didukung oleh anggota-anggota yang berdedikasi, telah berhasil melaksanakan program ini dengan baik. Di bawah bimbingan Dr. Supriyanto, S.T.P., M.Kom, tim KKNT-I Kelurahan Curug ini telah menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam memberdayakan masyarakat setempat.

Edukasi Tani menjadi salah satu kegiatan penting yang dilakukan oleh tim KKNT-I Kelurahan Curug dengan mengajak anggota Kelompok Tani Wanita (KWT) dan Kelompok Tani Dewasa (KTD) dari Kelurahan Curug ke Agribusiness and Technology Park IPB. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk memahami praktik pertanian perkotaan secara langsung. Mereka diajak untuk mempelajari teknik bertani, aspek keberlanjutan dalam produksi pangan, serta peran inovasi dalam pengembangan konsep urban farming.

Hasil post test menunjukkan bahwa kegiatan Edukasi Tani memberikan manfaat nyata bagi peserta dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang urban farming. Bahkan, semua peserta berharap agar kegiatan ini dapat berkelanjutan, sehingga mereka dapat terus berbagi pengalaman dan memecahkan permasalahan yang ada di lahan masing-masing.

Selain Edukasi Tani, tim KKNT-I Kelurahan Curug juga menjalankan proker Reaktivasi Lahan, yang bertujuan untuk mengaktifkan kembali lahan-lahan yang sudah lama tidak termanfaatkan. Melalui empat fase kegiatan, yaitu pembersihan lahan, penggemburan lahan, pemasangan sistem irigasi tetes, dan penanaman bibit kangkung, tim KKN berhasil menciptakan lahan yang produktif dan berkelanjutan.

Kontribusi masyarakat dalam program ini juga sangat signifikan. Para anggota KWT dan KTD merasa sangat terbantu dengan adanya program Edukasi Tani ini karena mereka mendapatkan pengetahuan baru tentang pertanian perkotaan dan informasi mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bercocok tanam.

Nada yang merupakan salah satu anggota tim KKN mengatakan, “Peran kami sebetulnya lebih kepada memberikan wadah untuk edukasi pada masyarakat dan beberapa inovasi seperti diadakannya acara Edukasi Tani tersebut yang harapan kedepannya bisa terus diadakan.”

Terlepas dari peran para tim KKN Kelurahan Curug, kontribusi masyarakat juga begitu terlihat, salah satu masyarakat mengucapkan rasa terimakasih karena sudah mau membantu mengolah tanah mereka. Bahkan program Edukasi Tani yang dijalankan bisa menambah pengetahuan mereka mengenai pertanian perkotaan. 

***

Reporter: Mutiara Rachmina Indriani

Editor: Rosita

Avatar

Mutiara Rachmina Indriani

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.