Beberapa Civitas Akademik Terkonfirmasi Positif, Bagaimana Kebijakan IPB?


Beberapa hal dilakukan oleh IPB University menindaklanjuti tersebarnya kasus COVID-19 pada civitas akademik beberapa waktu belakangan ini. Seperti yang diketahui, seminggu setelah dilaksanakannya Pertemuan Tatap Muka (PTM) semester genap TA 2021/2022 beberapa dosen, tenaga pendidik, hingga mahasiswa terkonfirmasi positif COVID-19. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka kegiatan perkuliahan hybrid pada periode 31 Januari- 11 Februari 2022 dilaksanakan secara daring. Kegiatan praktikum secara luring tetap dapat dilaksanakan jika disertai dengan penerapan prokes yang ketat.

Berdasarkan panduan penyelenggaraan PTM selama masa Pandemi COVID-19 IPB University menghimbau agar mahasiswa dapat menyadari pentingnya penerapan protokol kesehatan di kelas, luar kelas maupun di luar kampus. Mahasiswa wajib melakukan pembaharuan biodata terkait kesehatan pada student portal agar pergerakan mahasiswa antar ruangan dapat termonitor dengan baik terlebih untuk keperluan tracer. Khusus bagi mahasiswa yang melaksanakan praktikum luring diwajibkan untuk melakukan scanning QR code sebelum memasuki ruangan.

Berikut adalah rekap kasus COVID-19 pada minggu pertama Februari 2022 yaitu sebanyak 7 dosen, 16 tenaga pendidik, dan 59 mahasiswa terpapar virus COVID-19. Sedangkan pada rekap kasus COVID-19 Januari 2022 menyatakan sebanyak 6 dosen, 3 tenaga pendidik, dan 103 mahasiswa terkonfirmasi COVID-19. Data tersebut diperoleh dari hasil wawancara bersama Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F. selaku Wakil Rektor 3 IPB University pada hari Kamis, 11 Februari 2022 lalu.

Prof. Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc.F. juga mengarahkan kepada seluruh civitas akademik IPB agar segera melakukan pelaporan kepada Satgas COVID-19 Departemen/Fakultas dan Klinik IPB apabila terkonfirmasi positif COVID-19 maupun merasakan gejala. Hal ini penting agar tracing contact dapat segera dilakukan. Berikut diberikan prosedur pelaporan COVID-19 dan masuk asrama isolasi A4/A5 yaitu terkonfirmasi positif COVID-19 > Lapor ke Klinik IPB > Cek ke dokter Poli ISPA di Klinik IPB > Tunggu jadwal masuk asrama.

Keselamatan dan kesehatan seluruh warga IPB adalah prinsip utama yang menjadi dasar bagi Crisis Center dalam pengendalian pandemi COVID-19. Kegiatan PTM diselenggarakan berdasarkan prinsip tersebut dan pelaksanaannya disesuaikan dengan mempertimbangkan berbagai kondisi. Sejauh ini beberapa departemen hanya melaksanakan praktikum luring. Sedangkan kegiatan kuliah tetap dilaksanakan secara daring. Bahkan terdapat departemen yang melaksanakan perkuliahan maupun praktikum secara online.

Reporter : Shintia Rahma Islamiati dan Rani Zuwinta
Ilustrator : Syabil Rofilah Alif Permana
Editor : Agung Nugroho

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.