Eksplorasi Kuliner: Kantin Rimbawan dan Dolphin di IPB University

Koran Kampus kembali dengan artikel seputar kantin IPB University, nih, teman-teman! Kali ini, kami akan mengajak kalian ke kantin Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, yaitu kantin Rimbawan dan kantin Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, yakni Dolphin. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut!

Kantin Kampus Binaan ”Rimbawan” merupakan salah satu kantin ikonik yang terletak di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan), IPB University. Uniknya, posisi bangunan kantin tersebut dikelilingi oleh berbagai macam jenis tanaman dan pohon dengan adanya akses jalan di bagian depan kantin yang menyambungkan antara Fahutan dengan SMA Kornita IPB. Untuk menuju ke kantin tersebut sangatlah mudah, salah satu caranya yakni melalui koridor Departemen Manajemen Hutan tepatnya berada di seberang Arboretum Fahutan, kemudian keluar koridor lalu berjalan ke sisi kanan dan mengikuti arah hingga bertemu kantin tersebut. Selain itu, terdapat beberapa alternatif jalan lain salah satunya melalui jalan utama Departemen Manajemen Hutan yang hanya berjalan lurus hingga bertemu kantin Rimbawan ini.

Fotografer: Dwiratih Ratna

Ditinjau dari produk yang dijual, di kantin ini terdapat banyak sekali jenis makanan baik yang ringan misalnya camilan, gorengan, dan lain-lain, hingga makanan berat di antaranya yakni nasi pecel ayam, sate, hingga soto ayam. Selain makanan juga kantin tersebut menjual berbagai macam minuman mulai dari air mineral, es buah, es sachet, jus, kopi, dan masih banyak lagi. Dengan letak dan akses yang mudah dari jalan utama, kantin ini juga memiliki range harga yang ramah di kantong mahasiswa. Makanan dan minuman yang dijual terbilang relatif lebih murah dengan porsi yang lumayan banyak, hal tersebut juga menjadi salah satu alasan mahasiswa IPB khususnya Fahutan memilih untuk membeli makanan dan minuman di kantin Rimbawan.

Worth it banget, sih! Di sini mulai dari tujuh ribu aja udah dapet nasi sama lauknya, dengan harga yang murah kita bisa mendapatkan makanan dan minuman yang enak,” ungkap Sandra, salah satu mahasiswi Fahutan dalam wawancara [19/02/23].

Dari kelebihan dan keunikan kantin tersebut, tentunya terdapat hal yang harus lebih ditingkatkan. Diantaranya dari segi kebersihan agar penjual ataupun pembeli dapat nyaman, penambahan variasi menu, dan yang terpenting yakni pembenahan kapasitas kantin yang dapat dikatakan pengap dan menimbulkan suasana tidak nyaman karena panas.

Setelah kantin Rimbawan, ada lagi nih salah satu kantin ikonik di IPB. Tampak luar tertera plang “Kantin Biru”, tetapi lebih dikenal dengan panggilan  “Dolphin”, adalah salah satu kantin di IPB University yang terletak di dalam gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). Bangunan FPIK yang dibuat dengan gaya heksagonal, tersambung dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) serta Fakultas Peternakan (Fapet) membuat perjalanan menuju kantin satu ini dari gedung FPIK cukup sulit jika belum familier dengan lokasinya. Kalian perlu turun satu lantai, bergerak ke arah kiri melalui beberapa percabangan enam sisi hingga menemukan meja melingkar dan papan nama “Kantin Biru” sebagai “gerbang” kantin Dolphin. 

Fotografer: Adinda Fauziah Azzahra

Meski demikian, jika kalian berada di Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), perjalanan menuju kantin Dolphin justru makin mudah, lho! Cukup menyeberang ke FPIK melalui bagian belakang gedung, melewati kolam percobaan BDP di sisi kiri lalu voila! kalian akan langsung berhadapan dengan kantin Dolphin. 

Dolphin menawarkan berbagai macam menu mulai dari makanan berat, makanan ringan, hingga minuman. Ada nasi prasmanan, nasi ayam kremes, nasi ikan, nasi jamur, nasi ayam katsu, nasi ayam richeese, bakso colok, beragam gorengan, camilan, hingga minuman dalam cup ataupun kotak. Meja dan kursi Dolphin yang cukup panjang juga kerap dimanfaatkan mahasiswa untuk nyambi tugas masing-masing. 

Namun, Dolphin mungkin tidak menawarkan pengalaman semengembirakan kantin-kantin lainnya. Hal ini lantaran kucing di sekitar Dolphin cenderung brutal, mudah menaiki meja dan mendekati piring. Dulu ada beberapa kasus pula saat mahasiswa sakit perut setelah mengonsumsi makanan dari kantin ini. Meski demikian, tentunya, ada beberapa mahasiswa yang aman-aman saja mengonsumsi makanan Dolphin serta melalui pengalaman yang tenang tanpa diganggu oleh kucing sekitar. Hal terpenting adalah untuk selalu jaga imun, ya, teman-teman!

Itulah ulasan tim Koran Kampus mengenai kantin Rimbawan dan kantin Dolphin. Tentunya, masih banyak kantin di IPB University yang bisa teman-teman eksplorasi sendiri atau bahkan bersama teman dan pasangan. Kira-kira berikutnya Koran Kampus bakal review kantin apa lagi, ya? 

***

Reporter: Amanda Fitria Hastini, Fida Zalfa Lathifah Yasmin

Fotografer: Adinda Fauziah Azzahra, Dwiratih Ratna

Editor: Rosita

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.