Mudik Dilarang, Penelitian Tetap Jalan

Tidak berbeda dengan tahun sebelumnya, larangan mudik pada lebaran tahun ini diterapkan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia. Akibatnya, masyarakat memilih untuk tidak mudik ke kampung halaman, tidak terkecuali mahasiswa IPB yang saat ini berada di wilayah kampus.

Mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang kerap kali dilakukan menjelang Hari Idulfitri. Salah satunya Miftahul Farid Al-Huda atau yang akrab disapa Farid, mahasiswa Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) IPB angkatan 54.

Terkait kebijakan pemerintah tentang larangan mudik pada Hari Idulfitri tahun ini, Farid tidak setuju dengan kebijakan tersebut. Menurut Farid, kebijakan larangan mudik hanya menjadi kebijakan dan kurang ada ketegasan dalam pelaksanaannya.

“Melarang mudik antarkota, tetapi yang dari luar negeri tetap diperbolehkan masuk,” ujar Farid.

Selain karena adanya larangan mudik, Farid memilih tidak pulang ke kampung halaman di Pasaman Barat, Sumatera Barat karena sedang dalam proses penyelesaian skripsi dan penelitian di Bogor. Terdapat juga beberapa pekerjaan lainnya yang harus diselesaikan di tempat kerja.

Selama libur lebaran, Farid berencana untuk bersilaturahmi ke sanak saudara yang ada di Bogor dan lanjut menyelesaikan tugas akhirnya itu. Pertama kalinya merayakan Hari Idulfitri jauh dari keluarga, suasana dan kebersamaan menjadi hal yang paling Ia rindukan saat lebaran.

“Hal yang dikangenin saat lebaran, ya pastinya orang tua dan adik-adik, terus suasana ramenya ketika kumpul keluarga, apalagi keluarga besar dari papa ataupun mama, plus makanannya, opor bebek, rendang ayam kampung deeuh mantap bana. Ketemu kakek dan nenek yang dulunya pernah ngerawat aku pas kecil, selalu menjadi cerita yang menarik untuk di dengarkan,” ujar Farid.

Reporter: Siti Nur’aeni dan Shintia Rahma Islamiati
Ilustrator: Rahma Fitriani Suyuti
Editor: Putri Arum Puspitasari

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.