Workshop Jurnalistik: Korpus IPB Ajak Tingkatkan Skill Kreatif Dengan Menulis

Workshop Jurnalistik Koran Kampus (Korpus) IPB University 2021 mengusung tema “Creative Youth with Jurnalism in Digital Media“. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian yang diawali dengan lomba menulis opini, lalu webinar dan pelatihan yang diadakan selama dua hari beruntun, yaitu 29-30 Mei 2021. Kegiatan berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting dan live streaming YouTube Koran Kampus IPB.

“Tema yang diangkat sangat dekat dengan tuntutan yang ada di era sekarang, yaitu mengedepankan kreativitas dalam segala bidang. Berpikir kreatif penting dikuasai dan salah satu aspek yang mendukung proses berpikir kreatif adalah dengan cara menulis,” ungkap Pawitri Adhistyana Mayesti, Pimpinan Umum Koran Kampus IPB (29/5).

Workshop Jurnalistik 2021 menghadirkan pembicara seorang penulis dan fotografer ternama, yaitu Iman Adi Perkasa. Pembicara pernah menjadi delegasi Indonesia untuk Future News Worlwide 2017 di Edinburgh, Skotlandia. Lebih dari 200 peserta telah mendaftar dan antusiasme tinggi dari para peserta saat sesi tanya jawab.

“Literasi erat kaitannya dengan media. Akhir-akhir ini karya jurnalistik erat kaitannya dengan berita yang disajikan dengan topik yang terlalu serius atau topik yang menghibur namun tidak informatif yang seringkali clickbait dan menjatuhkan subjek berita,” tutur Adi, Pembicara Workshop Jurnalistik Koran Kampus IPB 2021. Pembicara memaparkan beragam jenis topik berita yang informatif dan dapat dikemas lebih menarik dengan memahami proses menulis kreatif.

Cara bercerita merupakan metode yang baik dan kreatif dalam menyampaikan berita. Proses kreatif menulis dengan bercerita yang baik terdiri dari tiga aspek yaitu tema, premis, dan argumentasi. Hari pertama ditutup dengan penugasan kepada peserta untuk membuat sebuah tulisan dengan memperhatikan tiga aspek proses menulis kreatif yang akan dievaluasi saat pelatihan di hari kedua.

Setelah diadakan pelatihan dan evaluasi di hari kedua (30/5) dari karya peserta, karya terbaik jatuh kepada peserta bernama Selo Rasyd dengan karya berjudul “Objek itu Bernama Perempuan; Dari Humor Seksis Hingga Normalisasi Pelecehan”.

Kesulitan seperti apa yang sering dialami saat menulis? Hana salah satu peserta menjawab bahwa kesulitan yang sering ia alami adalah bagaimana menemukan tema dan menentukan kalimat awal yang akan ditulis.

“Untuk membuat tulisan yang menarik didasari oleh tema yang menarik, paling mudah menentukan tema dengan mengangkat apa yang terjadi di sekitar kita dan meresesahkan kita. Jika meresahkan bagi kita, berarti menarik bagi kita dan bisa jadi juga menarik bagi orang lain,” pesan Adi.

Hanifah Azzahra selaku Ketua Pelaksana Workshop Jurnalistik Korpus IPB 2021 berharap, dengan diadakannya workshop jurnalistik ini dapat meningkatkan kreativitas para pemuda dalam jurnalisme.

Reporter: Khairunnisa
Editor: Ikfanny Alfi Muhibbah Shalihah

Redaksi Koran Kampus

Redaksi Koran Kampus

Lembaga Pers Mahasiswa
Institut Pertanian Bogor

Tambahkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.